Gubernur Jatim Ingatkan Wanita Hamil Tak ke Singapura

Gubernur Jatim Soekarwo dan Saifullah Yusuf
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta agar wanita hamil untuk sebaiknya tidak bepergian ke negara yang terkena virus Zika, di antaranya Singapura, dan Thailand.

Virus Zika Bisa Turunkan Tingkat Kesuburan Laki-laki

Sebab, menurut Soekarwo, wanita hamil lebih rentan tertular virus tersebut. Sehingga, langkah itu perlu diambil untuk menghindari risiko yang lebih tinggi.

“Karena memang penularannya itu macam-macam. Bisa melalui orang, maupun hewan,” kata Soekarwo, usai menghadiri Pelantikan Pengurus PMII Jatim, Gedung Balai Pemuda, Surabaya, Sabtu 3 September 2016.

Thailand Umumkan Kelahiran Bayi Mikrosephalus karena Zika

Meski demikian, menurutnya hal itu bukanlah travel warning. Soekarwo menganggap hal itu hanya sebagai pengingat, agar masyarakat Jatim lebih waspada, dan berhati-hati.

Soekarwo melanjutkan, Pemprov Jatim sendiri sudah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi masalah itu. Salah satunya dengan memperketat pemeriksaan semua pintu masuk, baik keluar, maupun masuk ke Jatim.

Virus Zika, Berbahaya Tapi Bisa Dicegah

“Misalnya dengan memasang alat pemindai suhu panas atau thermal scanner, dan juga memberikan health alert card atau kartu kewaspadaan kesehatan,”ujar Soekarwo.

Soekarwo yakin, dengan berbagai cara itu, maka virus Zika bisa dicegah untuk masuk ke Jatim. “Apalagi sekarang alatnya juga semakin canggih, dan tenaga medisnya juga semakin profesional dalam melakukan penanganan kesehatan,” kata Soekarwo.
 

Pengembangan vaksin untuk virus Zika.

Ditemukan, Antibodi Penangkal Virus Zika

Antibodi itu berasal dari tubuh manusia.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2016