Cegah Virus Zika, Bandara Adisucipto Pasang Pemindai Panas

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara melakukan pemantauan suhu tubuh penumpang pesawat menggunakan thermo infrared di Bandara Adisucipto, DI Yogyakarta, Selasa (2/9/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id – Bandara Internasional Adisutjipto bersiaga mengantisipasi masuknya di wilayah itu. Sebagai antisipasi, pintu kedatangan penumpang telah dipasang pemindai panas tubuh, Thermo Infrared.

750 Juta Nyamuk Buatan Siap Dilepas untuk Lawan DBD dan Virus Zika

Alat berbentuk pistol yang nantinya akan ditembakkan ke dahi atau leher penumpang yang tiba di bandara itu akan memantau panas tubuh penumpang. Suhu badan di bawah 38 derajat celsius akan dinyatakan aman.

"Cek kesehatan ini dilakukan oleh Tim Media KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) menyusul adanya instruksi dari kementerian kesehatan, dimana semua akses dari Singapura, baik melalui bandara atau pelabuhan harus diantisipasi," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Sabtu, 3 September 2016,

Apa Iya Thermo Gun Bahaya untuk Otak?

Jika ada temuan penumpang yang terindikasi tertular maka bandara menyediakan ruang isolasi. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terduga akan dirujuk ke rumah sakit yang siap menangani penderita .

"Kita juga membagikan Kartu Waspada Kesehatan atau health alert card (HAC) kepada seluruh penumpang pesawat," ujarnya.

Aspal Landasan Bandara Adi Sujipto Terkelupas, Mahfud MD Berkicau

Di Bandara Adisutjipto ada dua maskapai, yaitu Air Asia dan Silk Air, yang melayani penerbangan Yogyakarta-Singapura setiap hari. Maskapai Air Asia melayani satu kali penerbangan ke Singapura dan Silk Air melayani dua kali penerbangan Yogyakarta-Singapura.

Bandara Adisutjipto.

Terminal A Bandara Adisutjipto Kembali Dibuka

Keberangkatan penumpang di Bandara Adisutjipto dipusatkan di Terminal A saat ini. Prokes pun dipastikan diperketat.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2022