Polisi Jadi Kepala BIN, Keseimbangan Sistem Dipertanyakan

Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Penunjukan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Sutiyoso menjadi sorotan. Pengamat pertahanan dan intelijen Connie Rahakundini mempertanyakan apakah benar penunjukan Budi Gunawan karena kapasitasnya.

Kepala BIN Jadi Dewan Pakar Masjid Indonesia

"Apakah betul harus dipegang oleh yang berlatar belakang polisi? Penunjukan BIN tidak boleh hanya menempatkan orang tertentu di waktu tertentu. Jangan sampai dipolitisir," kata Connie di Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu 3 September 2016.

Connie mengingatkan, peran badan intelijen adalah seperti wikipedia negara, sehingga menampung banyak informasi. Ia mewanti-wanti agar posisi kepala BIN tidak sembarangan diisi oleh sembarang orang.

Harta Kekayaan Budi Gunawan TigaTahun Lalu Rp22,6 Miliar

"Jangan sampai institusi sepenting dan sestrategis ini jadi menampung (kemauan) politisi. Kalau di tempat lain nggak masalah. Kita nggak tahu kan di belakang Budi Gunawan siapa?" Ujar Connie.

Menurut Connie, dalam sistem keamanan nasional harus ada keseimbangan. Dengan kekuasaan polisi yang sangat kuat di Indonesia, ditambah unsur kepolisian masuk BIN, ia mempertanyakan keseimbangan sistem itu.

Usai Dilantik, Budi Gunawan Cium Tangan Megawati

"Polisi tuh jadi lembaga super bodi. Tambah lagi (petinggi polisi) jadi Kepala BIN. Kemudian balance-kah, dalam sistem kenegaraannya?" Tanya Connie.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla.

Susunan Pengurus Dewan Masjid Indonesia 2017-2022

Mulai Kepala BIN hingga Menkominfo jadi anggota.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2018