Kapolri Rahasiakan Nama Calon Pengganti Budi Gunawan

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA.co.id - Wakil Kepala Kepolisian RI (Polri), Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan, hampir dipastikan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Jenderal (purn) Sutiyoso, yang diberhentikan Presiden Joko Widodo. Nama Budi Gunawan sudah diusulkan Istana kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

Bareng Jenderal BG, Jokowi Pantau Vaksinasi Door to Door di Klaten

Polri tengah menimang-nimang siapa yang akan diangkat menjadi Wakapolri jika nanti pengajuan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN disetujui Parlemen. Kepala Polri, Jenderal Tito Karnavian, masih merahasiakan nama yang akan mengisi posisi Wakapolri kelak.

"Penggantinya di Wakapolri nanti setelah pelantikan Kepala BIN," kata Tito Karnavian kepada wartawan di Markas Polda Jatim, Surabaya, pada Jumat, 2 September 2016.

Jokowi Puji Program Budi Gunawan

Tito enggan menyebutkan nama-nama di lingkungan Markas Besar Polri yang akan dipertimbangkan untuk menduduki posisi Wakapolri menggantikan Budi Gunawan, termasuk soal kriteria calon. "Belum (ada nama calon Wakapolri)," ujar mantan Kepala Datasemen Khusus 88 Antiteror itu.

Setali tiga uang, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar, juga enggan menyebutkan perkiraan nama kuat calon Wakapolri. "Kalau nama-nama (yang bisa jadi calon Wakapolri) banyak. Tidak bisa saya sebut," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Lihat Vaksin Pelajar Madiun, Jokowi Ditemani Budi Gunawan

Presiden Joko Widodo memberhentikan Jenderal (purn) Sutiyoso sebagai Kepala BIN. Sebagai penggantinya, Presiden mengajukan nama Wakapolri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan. DPR sudah menerima pengajuan nama Budi dan kini bersiap-siap untuk melaksanakam uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN usulan Presiden itu.

(ren)

Kepala BIN Budi Gunawan

Kepala BIN: Konsep Smart City IKN Perpaduan Modern dan Tradisi

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022