6 Olimpian Asal Jawa Timur Dipastikan Bebas Zika

Ilustrasi kontingen atlet Indonesia di pentas internasional.
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id – Maraknya persebaran virus Zika di sejumlah negara seperti Singapura, Thailand, dan Brazil, membuat Indonesia turut mewaspadai ancaman virus itu. Termasuk pada para atlet yang baru saja pulang setelah mewakili Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil, beberapa waktu lalu.

750 Juta Nyamuk Buatan Siap Dilepas untuk Lawan DBD dan Virus Zika

Sampai-sampai Dinas Kesehatan Jawa Timur memeriksa kesehatan para atlet olimpiade, yang berasal dari Jawa Timur. Hasilnya, para atlet itu dinyatakan negatif terjangkit virus Zika.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Kohar Hari Santoso, mengatakan ada enam atlet asal Jatim yang mengikuti olimpiade di Brazil. “Nah, dari enam orang itu semuanya memang negatif, atau aman dari virus Zika,” kata Kohar di Surabaya, Jumat, 2 September 2016.

Virus Zika Picu Mikrosefali di Berbagai Negara, Bagaimana Indonesia?

Hasil pemeriksaan ini melegakan. Sebab, sebelumnya, di Brazil virus ini sudah dianggap sebagai wabah. 

Sementara Direktur RSUD Dr Soetomo Harsono mengatakan, sampai saat ini rumah sakitnya belum menerima laporan adanya pasien terjangkit virus Zika. Menurutnya virus itu menyebar melalui nyamuk, mirip dengan cara penularan demam berdarah.

Ada Virus Baru Disebarkan Nyamuk, Gejalanya Mirip Zika

“Penularannya memang melalui nyamuk jadi hampir sama dengan DBD (demam berdarah dengue),” kata Harsono kepada VIVA.co.id di RSUD Dr. Soetomo, Jumat, 2 September 2016.

Meski demikian, dia bilang masyarakat tak perlu khawatir. Sebab, virus ini bisa dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan, sama seperti demam berdarah.

“Jadi kalau lingkungan kita bersih, maka virus itu pun bisa kita cegah perseberannya, dan untungnya di Jawa Timur sampai saat ini memang masih belum ada yang terkena,” ujar Harsono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya