Sembilan Nelayan Aceh Selamat setelah Terapung Empat Hari

Ilustrasi/Penyelamatan korban tenggelam akibat terseret ombak di pantai.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

VIVA.co.id - Kapal Motor Rezeki Baru berkapasitas 5 gross tonnage milik Saipul, warga Aceh Timur, tenggalam di perairan Kota Langsa, sekitar 20 mil dari pantai. 

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Dalam kejadian itu sebanyak delapan anak buah kapal (ABK) dan satu orang nakhoda berhasil diselamatkan setelah sempat terapung selama empat hari di laut.

Musibah itu bermula pada pukul 04.00 WIB, Jumat, 24 Agustus 2016, kapal Rezeki Baru yang dinakhodai Saiful dengan membawa 8 ABK berangkat dari dermaga nelayan Idi Rauyek, Aceh Timur, menuju laut lepas untuk mencari ikan. 

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

Tak lama setelah berada di laut, kapal itu mengalami kerusakan di haluan depan sehingga air masuk ke lambung kapal dan akhirnya kapal tenggelam.

Beruntung, kapal barang MV Khurusima yang kebetulan melintasi Selat Malaka mendapati para nelayan kapal Rezeki Baru dalam keadaan terapung sambil meminta pertolongan sehingga kesembilan nelayan itu berhasil diselamatkan. Mereka kemudian dibawa ke Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Begini Detik-detik Nelayan Gondol Hiasan Emas di Kubah Masjid Buru Maluku

Para korban kapal tenggelam itu, antara lain, Syaiful/tekong (45 tahun), M. Abas (56 tahun), Adi (50 tahun), Zakaria (40 tahun), Ridwan (26 tahun), Darlis (22 tahun), Kamal (18 tahun), Iki Ahmad Dhani (21 tahun), dan Nurdin (22 tahun).

Angin puting beliung terpantau di perairan Bangkalan, Madura

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Angin puting beliung terpantau berputar hebat dan menerjang perairan selat Madura, tepatnya di wilayah pesisir barat Kabupaten Bangkalan, Madura, pada Rabu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024