Pemerintah Antisipasi Macet Parah pada Hari Idul Adha

Ilustrasi Kemacetan lalu lintas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Korps Lalu Lintas Polri siap mengantisipasi kemacetan parah pada perayaan Idul Adha 12 September 2016. Maka, untuk antisipasi ini, Polri pun melibatkan sejumlah pihak, seperti Jasa Marga, Kementerian Pekerjaan Umum, Pihak Penyelenggara Jalan Tol (PPJT) dan juga Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

"Hasil koordinasi akan ditambah seluruh personel dari kementerian, polisi, TNI, paling tidak di titik-titik rawan kemacetan," kata Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

Selain itu Pertamina siap menyanggupi penempatan SPBU mobile di rest area. Ini demi mengantisipasi adanya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dan kemacetan di lokasi rest area.

Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Naik jadi 136,7 Juta Orang

"Membantu masyarakat kehabisan SPBU," kata Agung.

Dari aspek fasilitas jalan tol, lanjut Agung, PPJT akan memasang babble room digital yang berisikan pemberitahuan kepada pengendara kendraan soal situasi lalu lintas.

Heboh, Gerakan Sholat Paspampres saat Mengamankan Jokowi

"Anggaplah seperti (macet) di Brebes Timur, sekian kilometer di belakang pengendara sudah tahu kemacetan seperti di Palimanan. Sehingga pengendara dan petugas akan tahu langkah apa yang diperlukan," tutur Agung.

(ren)

Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Puasa memiliki arti menahan diri dari hal buruk seperti lapar, haus, syahwat, dan sebagainya dari subuh hingga magrib. Itu adalah puasa wajib dengan waktu sebulan penuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024