Gubernur Soekarwo Siap Wujudkan Mimpi Istri Bung Tomo

Jenazah Sulistina, istri Pahlawan Nasional, Bung Tomo, sedang disalati di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu 31 Agustus 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Sebelum wafat, Sulistina Sutomo, istri Pahlawan Nasional, Sutomo atau Bung Tomo, memiliki keinginan untuk mendirikan Taman Perdamaian di Trowulan. Gubernur Jawa Timur Soekarwo menegaskan akan mewujudkan keinginan Sulistina.

Soekarwo: Generasi Milenial Harus Tularkan Semangat Bung Tomo

"Nanti pasti akan saya wujudkan mimpi beliau. Karena memang sebelumnya Pemprov Jatim juga terlibat di dalamnya," kata Soekarwo sebelum melakukan salat jenazah untuk Sulistina, di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu, 31 Agustus 2016.

Soekarwo mengaku, terakhir bertemu dengan Sulistina saat menikahkan putri bungsunya, Kartika, pada Maret 2016 lalu. Bahkan, saat itu Sulistina juga menjadi saksi akad nikah putrinya.

Video Stadion Bung Tomo Porak-poranda akibat Bonek Mengamuk

"Setelah itu saya tidak pernah bertemu dengan beliau lagi," ujar Soekarwo.

Meski demikian, Soekarwo mengatakan terus memantau kondisi kesehatan Sulistina saat sakit. Termasuk saat Sulistina sedang dirawat di ruang ICU.

Video Suporter Persebaya Ngamuk gara-gara Timnya Kalah

"Istri saya juga tanya ke putri ketiga beliau, karena teman S2, tentang kondisi kesehatan beliau," kata Soekarwo.

Menurut Soekarwo, Sulistina merupakan sosok wanita yang kuat. Sebab, peranan Sulistina terhadap perjuangan Bung Tomo sangat dominan.

"Bu Sulistina itu sendiri kan pejuang, karena merupakan perawat di PMI saat perang kemerdekaan," ujar Soekarwo.

Saat ini jenazah Sulistina sedang disalati di Masjid Al Akbar Surabaya. Rencananya, jenazah Sulistina akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Ngagel, tepatnya di samping makam Bung Tomo.

Sulistina wafat Rabu dini hari, 31 Agustus 2016, tepatnya pada pukul 01.42 WIB, setelah dirawat di RSPAD, Jakarta. Sulistina wafat pada usia 91 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya