Ridwan Kamil Klarifikasi Sikap Membungkuk di Depan Megawati

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengklarifikasi soal sikap membungkuknya di hadapan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Sukarnoputri, saat menghadiri acara Sekolah Kepala Daerah dari PDIP di Depok, Jawa Barat, pada Selasa, 30 Agustus 2016. 

KPU Siap Lanjutkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 untuk Maluku dan Jabar

Emil, sapaan akrabnya, memang diundang sebagai narasumber dalam kegiatan internal PDIP itu. Dia bahkan mengenakan kemeja berwarna merah, menyesuaikan warna dominan dan karakter PDIP.

Saat gilirannya memaparkan pandangan dan pikirannya, Emil memberi hormat kepada Megawati sebelum naik ke panggung. Dia berjalan menuju tempat Megawati duduk, membungkukkan badan, mengatupkan kedua telapak tangan di mukanya, lalu menjabat tangan Presiden kelima itu. Megawati pun tampak tersenyum.

KPU Jawa Barat Batal Rekapitulasi Nasional Hasil Pemilu 2024 dan Diundur Selasa

Emil menolak sikap itu diartikan politis, apalagi dikait-kaitkan dengan Pilkada Jawa Barat tahun 2017. Menurutnya, sikap itu semata sebagai bentuk takzim atau hormat kepada orangtua, sama seperti kepada ibunya.

“Jangan diartikan apa-apa, dong. Ini, kan, sama saja dengan saya hormat kepada ibu saya sendiri. Masa saya tidak hormat," kata Emil kepada wartawan seusai Sosialisasi Citarum di Bandung pada Rabu, 31 Agustus 2016.

Malam Ini KPU Masih Rampungkan Rekapitulasi Pemilu 2024 Untuk Jawa Barat dan Papua Barat Daya

Emil menjelaskan, kehadirannya karena memang diundang PDIP untuk menjadi narasumber dalam sekolah itu. Kehadirannya pun tak ada kaitan dengan momentum politik menjelang pilkada.

Mengenai kemeja merah yang dikenakannya, Emil mengaku pakaian itu dipilih atas dasar menyesuaikan acara PDIP. Dia akan melakukan hal yang sama jika diundang partai lain. “Jika ke Nasdem pakai biru. Golkar kuning. PDIP, ya, pasti merah. Gerindra putih. Menyesuaikan saja, jangan diartikan lain," ujarnya. (ase)

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

KPU Targetkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Rampung Hari Ini

Hari ini KPU melanjutkan rekapitulasi suara di 4 provinsi yakni Maluku, Jawa Barat, Papua dan Papua Pegunungan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024