Keinginan Istri Bung Tomo sebelum Wafat

Bung Tomo
Sumber :
  • www.arsipjatim.go.id

VIVA.co.id - Sulistina Sutomo, istri pahlawan nasional Sutomo atau Bung Tomo, memiliki keinginan sebelum wafat. Dia berencana membangun sebuah taman perdamaian di kawasan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Sosok Ratu Kalinyamat, Pahlawan Nasional Wanita yang Gagah Berani Melawan Portugis

Bambang Sulistomo, putra Sulistina, mengatakan bahwa ibunya telah merancang taman yang akan diberi nama Taman Perdamaian Surya Mojopahit. Taman itu akan diisi benda-benda budaya dari berbagai negara, semacam konsep di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta.

Menurut Bambang, ibunya memiliki obsesi melalui taman itu agar para generasi muda bisa saling mengenal budaya dari berbagai negara sehingga akan timbul rasa saling menghargai. “Kalau sudah seperti itu, maka akan timbul perdamaian di dunia ini," ujar Bambang di Surabaya pada Rabu, 31 Agustus 2016.

Cak Imin Ziarah Makam Pahlawan Nasional Kiai As'ad di Situbondo, Ingatkan Resolusi Jihad

Sulistina wafat pada usia 91 tahun di Jakarta pada Rabu dini hari, 31 Agustus 2016. Sebelum meninggal, istri Bung Tomo itu sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto di Jakarta.

Jenazah Sulistina dibawa ke Surabaya karena akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Ngagel. Di tempat itulah Bung Tomo juga dimakamkan. Jenazah Sulistina akan dimakamkan di samping makam Bung Tomo.

Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional ke-6 Tokoh, Ini Daftarnya

Bung Tomo adalah pahlawan yang terkenal karena perannya membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945. Pertempuran itu hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bung Tomo lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 3 Oktober 1920 dan meninggal di Padang Arafah, Arab Saudi, pada 7 Oktober 1981. Gelar pahlawan nasional diberikan kepada Bung Tomo bertepatan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2008. (ase)

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo meninggal dunia Minggu 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB karena sakit. Ia pun dimakamkan di TMP Kalibata, Jaksel.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023