Besok, Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha

Ilustrasi salat Idul Adha
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Zulhijjah 1437 H atau Hari Idul Adha 1437 H pada Kamis, 1 September 2016. Sidang isbat akan digelar di Kantor Kemenag, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta pada pukul 17.00 WIB.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 30 Agustus 2015, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, M. Thambrin mengatakan, sidang istbat akan dihadiri pimpinan ormas Islam, ketua MUI, duta besar negara sahabat dan sejumlah tokoh Islam.

Sidang diawali dengan sesi prasidang berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijjah 1437 H oleh Anggota Tim Husab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya.

Tentukan Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

Setelah salat Maghrib, sidang digelar dengan pembukaan sidang isbat oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan Rukyatul Hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) M. Thambrin. Hasil sidang  isbat lalu akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat melalui konferensi pers

Direktur Urais, M. Thambrin mengatakan, sidang itsbat dilakukan secara tertutup seperti saat sidang penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal. Namun awak media diberikan kesempatan untuk melakukan pengambilan gambar suasana sidang sebelum sidang resmi dimulai.

UIN Walisongo Gelar Dies Natalis ke-54, Targetkan Jadi Universitas Riset Terdepan

"Sidang isbat dilakukan tertutup dan setelahnya akan dilakukan konferensi pers hasil sidang isbat oleh Bapak Menteri Agama," kata M. Thambrin.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024