Enam Provinsi di Indonesia Siaga Darurat Asap

Ilustrasi/Kebakaran lahan dan hutan di Riau semakin parah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Sebanyak enam provinsi di Indonesia menetapkan status siaga darurat asap, antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Keenam daerah itu yakni, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pengajuan status suaga darurat itu diapresiasi. Sebab, tahun sebelumnya daerah sangat sungkan untuk menetapkan status siaga darurat asap. Sehingga menghambat dalam proses percepatan penanganan.

"Tahun ini sudah 6 provinsi tetapkan siaga darurat. Tahun lalu sangat sulit gubernur untuk keluarkan status siaga darurat," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin, 29 Agustus 2016.

Antisipasi Letusan Lebih Besar, 5.000 Korban Erupsi Gunung Ruang Dilarang Tinggalkan Pengungsian

Sejauh ini, BNPB terus berupaya melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Total ada 17 pesawat yang dikerahkan untuk memadamkan api. "Tahun lalu sampai 32, tahun ini hanya  17, dengan empat siaga masih cukup," ujar Sutopo. (ase)

Tim gabungan membawa korban banjir yang sakit dari helikopter Bell BNPB menuju Pos Kesehatan di Pos Komando Utama Tanggap Darurat Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu, 8 Mei 2024.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Sebanyak 27 korban yang sakit dari daerah terisolasi akibat banjir dan longsor dibawa menggunakan helikopter ke RSUD Batara Guru di Belopa, Luwu, Sulawesi Selatan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024