Mantan Teroris Umar Patek Kagumi Habibie

Bomber Bom Bali I Umar Patek
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Mantan teroris yang merupakan bomber Bom Bali I, Umar Patek, ternyata mengagumi Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie. Menurutnya, Habibie merupakan sosok nasionalis sejati.

Kremlin: Presiden Vladimir Putin Rasakan Kesedihan Mendalam Atas Aksi Terorisme di Moskow

Sebab kata dia, meskipun Habibie telah sukses di Jerman namun  Habibie tetap memilih kembali ke Indonesia. Padahal saat itu Habibie sudah ditawari hidup nyaman dan memiliki status penting di Jerman.

"Profesor Habibie itu ditawari jabatan di sana tapi memilih membangun Indonesia," kata Umar dalam sebuah diskusi di Lamongan, Jawa Timur, Senin 29 Agustus 2016.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Tidak hanya itu, nasionalisme Habibie kata dia juga teruji saat mantan Menristek itu menjalin asmara dengan seorang gadis warga negara asing. Habibie pada akhirnya menolak karena diminta tinggal di Jerman dan harus meninggalkan Indonesia.

"Menurut saya hal itu adalah sesuatu yang luar biasa dan ujian bagi seorang nasionalis sejati," ujar Umar.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Oleh karena itu Umar meminta agar generasi muda Indonesia meneladani tokoh Habibie. Menurutnya, rasa nasionalisme adalah sesuatu yang mutlak yang harus dimiliki setiap orang Indonesia.

"Rasa nasionalisme itu harus ada pada diri kita masing-masing," kata Umar Patek.

The Russian President, Vladimir Putin.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Penyelidik Rusia secara resmi menuduh pihak Ukraina lah yang berada di balik serangan terorisme mematikan yang menewaskan sedikitnya 144 orang di Moskow pada Jumat 22 Mar

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024