Serang Petugas, Belasan Tahanan Kabur

Ilustrasi penangkapan tahanan yang kabur.
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Sebanyak 14 orang tahanan Polsekta Bukit Raya, Pekanbaru, Riau kabur, Minggu 28 Agustus 2016. Mereka menyerang polisi yang membuka pintu sel ketika memberi makan siang.

Awal Mula Terungkapnya Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

"Kejadiannya bermula ketika Aiptu Suteri hendak memberi jatah makan siang kepada 33 orang tahanan. Tahanan tersebut memiliki dua pintu, pintu depan dan pintu kamar. Pukul 11.30 WIB Aiptu Suteri masuk dan membuka pintu depan dan pintu sel dalam (kamar tahanan)," papar Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIk.

Pada saat pintu salah satu sel kamar dibuka, di dalam terdapat 14 orang tahanan. Ketika itu tiba-tiba tahanan bernama Leo mendorong Aiptu Suteri hingga jatuh.

Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur dari LPKA Jambi

"Lalu Leo berusaha lari namun Aiptu Suteri melawan dan memegang kaki Leo. Tapi upaya tersebut tidak berhasil karena 13 tahanan lainnya membantu Leo. Mereka menginjak-injak Aiptu Suteri. Lalu para tahanan berlari ke pintu sel depan," paparnya.

Melihat kondisi seperti itu Aiptu Suteri berteriak meminta bantuan petugas piket lain. Mendengar teriakan tersebut, Bripka Hendriyanto dan Brig Abdul Hafid langsung membantu. Mereka berhasil menangkap dua orang tahanan.

Kronologi Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

"Sementara 12 tahanan berhasil lari keluar Polsek. Bersamaan dengan kejadian tersebut Serse Aiptu Antoni dan Aiptu Usber Sormin yang sedang piket langsung melakukan pengejaran dibantu beberapa anggota yang tinggal di asrama," tambahnya.

Dari pengejaran tersebut 7 orang tahanan berhasil dibekuk. Sedangkan lima orang lagi hingga kini sedang dilakukan pengejaran.

Puluhan tahanan Polres Batanghari kabur Lapas Klas II  A Sungai Buluh Batanghari

Kakanwil Kumham: Tahanan Kabur di LPKA Jambi Karena Tak Dijaga Polisi

Tahanan kabur di LPKA Jambi merupakan tahanan titipan Polres Batanghari. Mereka loncat dari tembok LPKA dan melarikan diri

img_title
VIVA.co.id
17 November 2021