Cerita Zulkifli Hasan Akrab dengan Kalangan Tionghoa

Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan, memenuhi undangan dari Forum Tionghoa Bersatu (Fortiber) untuk bersilaturahim. Zulkifli bercerita sejak masa kecil sudah karib hidup berdampingan dengan masyarakat Tionghoa. 

Peringati Maulid Nabi, Menag Yaqut Ungkap Persamaan Indonesia dan Kota Madinah

Pergaulan itu, kata dia, banyak mengajarinya langsung tentang nilai-nilai bhinneka tunggal ika dalam hidupnya.

"Perbedaan bukan rasis tapi harus dihormati. Memang kita beragam tapi ingat kita ini satu, bhinneka tunggal ika," kata Zulkifli di Jakarta, Minggu 28 Agustus 2016.

Ngeri, Sekjen PBB Peringatkan Dunia di Ambang Krisis, Perang, dan Perpecahan

Dengan kondisi saat ini, Zulkifli mengingatkan perlunya mengobarkan lagi semangat kebhinnekaan. "Karena kita harus respek dan hormat satu sama lain. Karena kita adalah satu keluarga dari berbagai latar belakang," paparnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menegaskan, semua warga negara dengan latar belakang etnis juga mempunyai hak-hak yang sama di Indonesia. Zulkifli karena itu berharap berharap agar seluruh warga Indonesia termasuk etnis Tionghoa senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

Cerita Ganjar Bhinneka Tunggal Ika Dipuji Dubes Ukraina

Sebab hanya dengan begitu, Indonesia, kata dia, akan semakin kuat dan besar. "Kita harus menghormati dan menghargai sesama. Gotong royong dan kebersamaan. Itulah prinsip-prinsip dasar dari bangsa ini," katanya. 

Presiden Jokowi di Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya

Presiden Jokowi: Capaian Pembangunan Harus Kita Rawat dan Jaga, Kita Lanjutkan

Presiden Jokowi mengingatkan kepada semua masyarakat Indonesia, agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan ditengah perbedaan pilihan dalam Pemillu 2024 yang akan digelar.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023