Asap Kebakaran Hutan di Riau Sampai ke Malaysia

Sebaran asap di Riau
Sumber :
  • twitter.com/sutopo_bnpb

VIVA.co.id – Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau menyebar hingga ke negeri tetangga Malaysia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di wilayah Riau.

Malaysia Kirim Surat Soal Kabut Asap, Jokowi: Saya Sudah Perintahkan Panglima, Kapolri, dan Pemda

Kepala Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam akunnya di Twitter menyatakan bahwa sebaran asap hingga ke Malaysia terjadi hari ini disebabkan embusan angin. "Sebaran asap dari Riau sampai ke Malaysia, 27/8/2016, 13.00 WIB. Angin ke timur. Pemadaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan," tulis dia, Sabtu, 27 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, asap tebal berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Asap tersebut terbawa angin ke arah timur.

Kabut Asap Semakin Mengkhawatirkan, Pemerintah Malaysia Kirim Surat ke Indonesia

Sementara asap tipis juga masih menutupi wilayah di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Rohil, Riau. Pembakaran lahan di wilayah tersebut sengaja dilakukan untuk diolah menjadi kebun. Akibatnya, dia mengaku bahwa pembakaran hutan dan lahan oleh petani sulit dicegah.

Apalagi, Sutopo menambahkan, petani tidak bisa menghentikan kebiasaan mereka untuk membakar rumput di wilayah pemukiman. "Petani pun masih terus membakar rumput/alang-alang di pemukiman, tambahlah asapnya," kata dia.  

Kabut Asap Makin Parah, Penderita ISPA di Palembang Nyaris Tembus 15 Ribu Kasus
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

Sahroni Minta Polri All Out usut Kasus Karhutla: Tak Mungkin Murni Faktor Cuaca

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menelusuri diduga pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2023