Sosiolog: Humor Mukidi Disukai karena Indonesia Serius

Mukidi menempati 10 besar kata kunci pencarian di Google.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Publik kini tengah dikocok cerita-cerita humor dengan tokoh imajiner bernama Mukidi. Ceritanya disukai masyarakat hingga menjadi viral di dunia maya. Ada yang berpendapat, Mukidi jadi topik hangat perbincangan sebagai bentuk siasat masyarakat menghadapi kepenatan hidup.

Kisah Vina Amalia, Putri Mahfud MD Pernah Dikira Anak Orang Tak Mampu saat Kuliah

"Menurut saya (humor Mukidi) itu jeda sejenak orang lari dari tekanan kehidupan nyata. Dengan membaca humor, orang sejenak bisa melupakan persoalannya," kata sosiolog pada Universitas Airlangga Surabaya, Bagong Suyanto, dihubungi VIVA.co.id pada Sabtu, 27 Agustus 2016.

Sebetulnya, kata Bagong, cerita humor seperti Mukidi bukan kali ini saja beredar dan digandrungi masyarakat. Di lingkungan Muslim, misalnya, ada cerita-cerita humor dengan sosok Abu Nawas.

Diskusi Rocky Gerung di Unair Mendadak Dibatalkan Kampus Padahal Sudah Hadir

"Itu bukan fenomena baru, dahulu pernah ada buku Cara Mati Ketawa ala Rusia booming (ramai dibincangkan masyarakat),” ujarnya.

Menurut Bagong, tren cerita-cerita humor adalah hal biasa. Ia berpendapat, itu cara masyarakat Indonesia menyiasati hidup dengan mencari hiburan cerita-cerita satire dan lucu. Sebab, selama ini yang ditemui masyarakat di negeri ini selalu serius.

Universitas Airlangga Gelar Pameran Arsip Pandemi COVID-19

Bagi Bagong, fenomena Mukidi berpengaruh baik bagi kehidupan masyarakat. "Itu baik, karena menjadi penyaluran keluhan masyarakat. Orang kalau ditahan dan tidak diberi ruang nanti jadi eksplosif. Daripada jadi haters, kan lebih baik disalurkan melalui cerita-cerita Mukidi," katanya.

Olah TKP Penemuan Mayat Mahasiwa Uniar Surabaya di Sidoarjo

Mahasiswi Unair Ditemukan Tewas Dengan Kepala Terbungkus di Dalam Mobil

Seorang mahasiswi Universitas Airlangga Surabaya, berinisial CA (21 tahun) ditemukan tewas di dalam mobil yang terparkir di halaman Apartemen Royal Bisnis, Waru, Sidoarjo

img_title
VIVA.co.id
5 November 2023