Kemenkumham Serahkan Video Testimoni Freddy ke Polri

Freddy Budiman saat disidang dalam kasus narkoba.
Sumber :

VIVA.co.id – Selain telah menceritakan mengenai keterlibatan penegakan hukum dalam peredaran narkoba, Freddy Budiman juga membuat testimoni dengan rekaman video. Dari informasi yang beredar, video testimoni Freddy Budiman telah diserahkan kepada petugas Lapas Nusakambangan sebelum dia dieksekusi. Saat ini, video itu ada di Kemenkumham.

PPATK Akan Buka Data Aliran Dana Freddy Budiman

Disampaikan Ketua Pencari Fakta (TPF) dari Polri, Komjen Pol Dwi Priyatno, video testimoni Freddy Budiman memang ada. Namun video itu tidak banyak terkait apa yang disampaikan kepada Kordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak (KontraS), Haris Azhar.

"Tidak banyak, hanya ia menyesal, informasi seperti itu. Tapi nanti kalau sudah dapat, kita saksikan sama-sama, kami selalu terbuka," kata Dwi Priyatno di Kompolnas Jakarta Selatan, Kamis, 25 Agustus 2016.

Kejagung Bikin Tim Khusus, Usut Jaksa di Sindikat Freddy

Dwi sendiri belum menyaksikan langsung video testimoni Freddy Budiman. Karena itu belum bisa diputuskan terkait adanya tindak pidana.

"Kecuali ada indikasinya ada pro justicia akan disita (video testimoni Freddy) untuk diberikan ke Laboratorium Forensik," ujarnya.

Polri Bentuk Satgas Pelacak Aliran Dana Narkoba

Dwi Priyatno yang saat ini menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri menambahkan, nantinya video testimoni Freddy Budiman akan diserahkan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasona Laloly kepada Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

"Rencannya hari ini mau diserahkan oleh Pak Menteri sendiri. Karena waktu itu kami koordinasi dengan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, tapi kita sudah buat surat meminta," ujar Dwi. (ase)

Kepala PPATK M. Yusuf (kiri) di Gedung DPR

Penegak Hukum dan Lapas Diduga Terima Aliran Dana Freddy

Transaksinya mulai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2016