KPK Periksa Petinggi Hutama Karya Terkait Korupsi IPDN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah merampungkan berkas penyidikan tersangka Dudy Jocom, pejabat pembuat komitmen di Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri tahun 2011 terkait kasus korupsi pengadaan dan pelaksanaan pembangunan Kampus IPDN di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Untuk hal itu, kali ini penyidik KPK memeriksa Deputi Project Manager Divisi Gedung tahun 2011 PT. Hutama Karya, Remon Debal. 

"Remon Debal akan diperiksa sebagai saksi," kata Plh Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati, di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Agustus 2016.

Selain Remon, penyidik juga memanggil dua orang saksi lainya, yakni Dwianto Sulistyo Budi dan pegawai Hutama Karya, R. Soetanto sebagai saksi untuk tersangka Dudy Jocom.

Sebagaimana diketahui, selain Dudy, KPK dalam kasus ini juga telah menjerat General Manager Divisi Gedung PT Hutama Karya, Budi Rachmat Kurniawan. 

Budi sendiri sudah pernah divonis dalam kasus lain di KPK yaitu korupsi pengadaan Pembangunan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tahap III Kemenhub tahun anggaran 2011 di Jakarta dan Sorong. 

Dalam perkara itu, Budi divonis selama 3,5 tahun penjara dan uang pengganti Rp30 juta, lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum KPK yang meminta Budi divonis lima tahun penjara ditambah denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan dan kewajiban membayar uang pengganti Rp576 juta.

Daerah Diminta Percepat Bentuk Perda Retribusi Persetujuan Bangunan


Baca juga:

Mendagri: ASN Harus Bangun Pola Pikir dan Budaya Kerja Melayani Publik
Aksi demontrasi tolak pemekaran Papua di kantor Kemendagri Jakarta

Demo Tolak Pemekaran Ricuh, Sejumlah Mahasiswa Papua Ditangkap

Beberapa mahasiswa Papua dicokok lantaran demo ricuh di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022