'Makan Batu' tvOne Dinobatkan Jadi Film Terbaik DFF

Film Makan Batu
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id – 'Makan Batu', film dokumenter karya Ririn Dwi Lestari, yang mengisahkan perjuangan para ibu di Gunung Kendeng, Jawa Tengah, berjuang mempertahankan desa dan kawasan pertanian mereka dari desakan pembangunan pabrik semen, dinobatkan sebagai film terbaik dalam ajang Denpasar Film Festival (DFF) 2016.

Tiba di Istana, Bos Apple Tim Cook Langsung Rapat dengan Jokowi

Film dengan produser Gunawan Budi Susilo, menyisihkan empat nominasi lainnya yakni, Love Behind Bars karya Sigit Purwono dari Denpasar, Sikola Baruak karya Gery Arsuma dari Padang, Silent Blues of The Ocean karya Arfan Sabran dan Andi F. Azzahra daro Makassar dan Tledhek karya Vicky Hendri Kurniawan dari Banyuwangi.

Atas kemenangan itu, film yang juga tayang dalam program 'Bumi & Manusia' tvOne, berhak memboyong trofi DFF dan hadiah uang tunai Rp20 juta.

Jalin Sinergi Pengawasan dengan Kepolisian, Bea Cukai Mataram Raih Penghargaan

Selain film terbaik, tahun ini dewan juri yang terdiri dari Slamet Rahardjo Djarot, Rio Helmi, Dr. Lawrence Blair, I Wayan Juniartha, Bre Redana, dan Prof I Made Bandem, memberi dua penghargaan khusus kepada film Silent Blues of The Ocean atas capaian sinematografinya dan Tledhek  untuk kemampuan bertuturnya. Kedua peraih penghargaan khusus ini memperoleh hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp5,5 juta.

Lomba film dokumenter merupakan program utama DFF. Program lainnya dalam festival yang sudah menginjak tahun ketujuh ini adalah pelatihan, pendampingan produksi,  pameran esai foto, diskusi, pemutaran film, dan lomba resensi film.

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

"Intinya adalah edukasi, apresiasi, dan kompetisi," kata Agung Bawantara, Direktur DFF baru-baru ini.

Peninah Bahati Kitsao

Pedih, Ibu Ini Terpaksa Kasih Makan Batu untuk Anak-anaknya

Pandemi wabah corona membuatnya tak bisa lagi bekerja

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2020