Pemerintah Bangun Shelter untuk Antisipasi Kabut Asap

Mensos Khofifah Indar Parawansa saat meninjau shelter di Sumatera Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Aji YK Putra

VIVA.co.id – Menghadapi kemungkinan bencana kabut asap yang berpotensi kembali terjadi November mendatang, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendirikan shelter di berbagai titik yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Shelter tersebut dibangun di tiga kabupaten, yakni Ogan Ilir, Musi Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir.

Malaysia Kirim Surat Soal Kabut Asap, Jokowi: Saya Sudah Perintahkan Panglima, Kapolri, dan Pemda

Khofifah mengatakan di dalam shelter itu sudah pemerintah sudah siapkan trauma healing dan konseling, bagi korban yang terpapar kabut asap. Bahkan, juga ada dokter umum untuk warga memeriksa kesehatan.

"Kita melakukan cek kesiapan shelter, sekarang masih musim kemarau basah, kemungkinan sampai September berlangsung. Tetapi ada beberapa hot spot muncul tidak diatas permukaan, melainkan di dalam karena lahan di Sumsel gambut. Dulu disini ISPU-nya (Indeks Standar Pencemaran Udara) di atas ambang bahaya, sehingga kita siapkan shelter," kata Khofifah, saat meninjau shelter di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin 22 Agustus 2016.

Kabut Asap Semakin Mengkhawatirkan, Pemerintah Malaysia Kirim Surat ke Indonesia

Khofifah juga berharap agar masyarakat mau melaporkan kepada pemerintah jika ada keluarga yang meninggal akibat terkena bencana alam, termasuk korban kabut asap. Hal ini diperlukan agar Bantuan Santunan Kematian untuk mereka bisa diberikan.

"Bantuannya sebesar Rp15 juta, nanti akan dikirim langsung ke rekening ahli waris, tanpa lagi melalui dinsos kabupaten/kota. Proses pencairan tergantung waktu laporan," ujar dia.

Kabut Asap Makin Parah, Penderita ISPA di Palembang Nyaris Tembus 15 Ribu Kasus

(ren)

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

Sahroni Minta Polri All Out usut Kasus Karhutla: Tak Mungkin Murni Faktor Cuaca

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menelusuri diduga pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2023