TKI Diduga Dipajang di Mal Arab Saudi, Polri Siap Telusuri

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Agus Andrianto, di Jakarta pada Selasa, 16 Agustus 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Perusahaan tenaga kerja Eastern Recruitment atau Al-Syargiyyahlil Istiqdam memajang para pembantu rumah tangga (PRT) untuk disewakan di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Dhahran, Arab Saudi.

Majikan Baik, PRT Filipina Diberi Hadiah Rumah dan Isinya

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Umum Mabes Polri mengatakan bisa melakukan pendalaman soal kemungkinan adanya PRT yang merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Kami dalami dulu. WNI apa bukan, itu kan yuridiksinya di sana," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Agus Andrianto di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 22 Agustus 2016.

Perjuangan KBRI Riyadh Atasi Masalah PRT di Arab Saudi

Menurut Agus, jika terbukti ada tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia yang ada di agensi pemajang PRT tersebut, maka polisi juga akan mencari jaringan penyalurnya dari Indonesia.

"Kami cek siapa yang mengirim TKW ini. Apakah orang ini merasa dieksploitasi enggak, setelah itu kami dalami PJTKI-nya (Perusahaan Jawatan TKI)," kata Agus.

Bandara Saudi Buka Jasa Antar Langsung PRT ke Rumah Majikan

Sebelumnya beredar foto dan informasi soal para PRT yang dipajang oleh perusahaan penyalur dalam kegiatan promosi sewa para tenaga kerja di Arab Saudi. Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan itu lalu menuai kecaman publik. (ase)

PRT yang jadi korban kekejaman majikan/Ilustrasi

Dipaksa Minum Pemutih Pakaian, PRT di Arab Meregang Nyawa

Ia dibawa ke rumah sakit dalam keadaan tak sadarkan diri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2018