Waspada, Bandar Narkoba Sasar Anak Jadi Pengedar

Anak Narkoba
Sumber :
  • doc Corbis

VIVA.co.id – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, mafia narkoba terus mengembangkan diri dalam upaya mengedarkan barang haram. Tak hanya menyasar kaum hawa, mereka juga melibatkan generasi muda untuk dijadikan kurir atau pengedar.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Saat ini, menurut Khofifah, dari 189 warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak di Tangerang, Banten, sebagian besar terlibat kasus pengedar narkoba. 

"Bukan tanpa alasan jaringan sindikat narkoba menargetkan anak-anak menjadi kurir dan drugs trafficker. Sebab, anak-anak itu jika tertangkap dan divonis akan mendapatkan setengah hukuman dari orang dewasa," kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id Senin, 22 Agustus 2016.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Hukuman pidana untuk anak ini diatur dalam Pasal 26 ayat (1) Undang-Undang tentang Pengadilan Anak, yang mengharuskan putusan pidana untuk anak adalah setengah dari maksimum pidana penjara orang dewasa. Para bandar pun memanfaatkan hal ini untuk mendekati anak-anak.

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, maka seorang anak lebih cepat menghirup udara bebas, sehingga bisa kembali dimanfaatkan mereka. Khofifah pun meminta masalah ini menjadi perhatian bersama.
 
"Melihat celah tersebut, jaringan sindikat narkoba terus membidik dan menarget anak-anak agar menjadi kurir narkoba atau drugs trafficker," ujarnya.

Jawaban Menohok Chandrika Chika saat Hendak Dibawa ke BNN Lido

(mus)

Dua tersangka dalam dugaan kasus tewasnya remaja 16 tahun di hotel Jaksel

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Polisi telah berhasil mencokok dua orang pelaku pembunuhan dengan mencekoki obat ekstasti inex hingga memberikan minuman dicampuri sabu. Kedua remaja itu berinisial AN al

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024