Siswa SMK di Sukabumi Sukses Ciptakan Robot Penjinak Bom

robot penjinak bom buatan siswa SMK
Sumber :
  • Mohamad Akasah/tvOne/antv

VIVA.co.id – Sebuah robot penjinak bom berhasil diciptakan siswa-siswa SMK Yapan Parakan Salak, Sukabumi. Hebatnya, robot penjinak bom ini dibangun dari barang-barang limbah atau bekas.

RoboMaster, Ajang Ahli Robotik Dunia 'Tebar Pesona'

Sebenarnya proyek pembuatan robot penjinak bom ini telah dilakukan dalam satu tahun terakhir ini. Dan selama satu tahun terakhir telah dilakukan beberapa percobaan dan hasilnya sangat memuaskan.

Hardware dan komponennya dirakit satu demi satu di laboratorium sekolah. Barang-barang bekas seperti bekas printer, mainan anak-anak, besi kursi, hingga accu motor pun dimanfaatkan.

Ratusan Siswa Se-Jawa Tarung Robot di Yogyakarta

Untuk menguji kemampuan robot ini juga telah dilakukan beberapa uji coba menjinakkan bom.Hasilnya pun sangat mengagumkan. Meski dibangun dari bahan bekas, namun robot ini mampu menjalankan tugasnya.

Menurut salah seorang siswa bernama Pascal, setelah sukses merakit robot penjinak bom, mereka berencana menciptakan robot terbang pengintai.

Adu Canggih Robot Rakitan di BigBang Jakarta 2017

Sementara itu kepala sekolah, Giri Rakasiwi mengatakan, bahwa pembuatan robot ini hanya membutuhkan dana sebesar Rp2 juta karena menggunakan bahan-bahan bekas. Masih menurut Giri, kalau menggunakan komponen serba baru diperkirakan menghabiskan dana Rp20 juta.

Laporan: Mohamad Akasah

Robot sampah rancangan siswi MAN 1 Solo, Jawa Tengah, menjuarai kompetisi robot tingkat internasional di Bangkok, Thailand.

Video Robot Sampah Karya Siswi Madrasah Juara Kompetisi Internasional

Sonia Jneina Sagiri itu meraih medali emas gara-gara robot sampah.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2019