Sulawesi Utara Targetkan Sehari Dikunjungi 2500 Turis Asing

Jembatan Soekarno di Kota Manado
Sumber :
  • VIVA/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menargetkan, kunjungan wisatawan asing ke Sulawesi Utara dalam sehari bisa mencapai 2500 orang. 

Detik-detik Aning Tega Mutilasi Ponakan Demi Curi Perhiasan Emas Korban

“Saya bercita-cita menjadikan pariwisata Sulut the second Bali (Bali kedua) di Indonesia," katanya, di Manado, Jumat, 19 Agustus 2016.

Namun, cita-cita Olly ini terkendala infrastruktur penunjang pariwisata yang masih minim. Tapi dia optimistis pencapaian itu bisa dilakukan, jika dilihat dari meningkatnya jumlah maskapai yang membuka rute penerbangan ke Manado. 

Profil Audrey Vanessa Susilo, Pemenang Miss Indonesia 2022

“Maskapai penerbangan mulai banyak yang tertarik membuka rute penerbangan ke Manado, baik domestik maupun luar negeri. Diharapkan hingga Desember 2016, bertambah 12 rute penerbangan per hari," kata mantan anggota DPR RI itu.

Selain itu, Olly juga mendorong semua daerah di Sulawesi Utara agar membuat agenda pariwisata berskala nasional maupun internasional. Dinas Pariwisata Sulawesi Utara juga telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menyelenggarakan berbagai acara.

Audrey Vanessa Raih Gelar Miss Indonesia 2022, dari Sulawesi Utara

“Contohnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, akan diselenggarakan Festival Teluk Tomini," katanya. 

Olly berharap, meningkatnya industri pariwisata di daerahnya juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga meningkatkan kesejahteraan mereka.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado, Hendrik Warokka menjelaskan, ada banyak tempat wisata di Manado yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan. Dia pun optimistis mendukung target mendatangkan 2500 wisatawan dalam sehari. 

“Kita punya modal wisata pantai, wisata religi, budaya, kuliner, dan lain-lain. Fasilitas hotel cukup memadai, termasuk juga bus-bus wisata,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya