Brimob Cabut Tanda Kehormatan Luhut Panjaitan

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkap adanya kesalahan dalam penyematan tanda kehormatan kepada Brigadir Jenderal Tituler Luhut L Panjaitan. Tanda kehormatan tituler berarti pangkat yang diberikan pada seseorang di luar kalangan polisi.

11 Perwira Polri Naik Pangkat, Krishna Murti Jadi Brigjen

"Ada kesalahan teknis dalam pembuatan surat itu oleh Kor Brimob. Kewenangan untuk memberi pangkat tituler, apalagi tingkat pati (perwira tinggi), telah ada pada Sekmil (Sekretaris Militer Presiden). Kapolri pun enggak bisa, sehingga ini jadi koreksi bagi kita," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Agustus 2016.

Kesalahan ini terjadi karena warga kehormatan Brigadir Mobil hanya diberikan untuk kalangan internal.

14 Perwira Menengah dan Tinggi Polri Naik Pangkat

"Nanti Danko Brimob akan mencabut, dibatalkan. Karena ada satu klausul kalau terdapat kekeliruan dalam putusan ini dapat dilakukan pembetulan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Untuk diketahui, Luhut L Panjaitan merupakan ajudan almarhum Komisaris Jenderal Polisi M Jasin yang dijuluki Bapak Brimob karena jasanya membentuk Brigade Mobil. Pada 2015, Jasin juga dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Kapolri Tantang Semua Polisi Kejar Prestasi
Upacara kenaikan pangkat perwira Kombes di Rupatama Polri

Dilema Kapolri, Pangkat Kombes Bejibun di Polri

Ada 1.300 orang di Polri yang berpangkat Komisaris Besar (Kombes)

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2018