Megawati dan Puan Hadiri Upacara 17 Agustus di Istana

Megawati Soekarnoputri hadiri HUT RI di Istana Merdeka
Sumber :
  • VIVA.co.id / Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri terlihat hadir di Istana Merdeka, untuk mengikuti upacara puncak peringatan HUT kemerdekaan RI ke-71, Rabu, 17 Agustus 2016.

Gerindra soal Pertemuan Prabowo-Megawati: Bukan Tidak Mungkin Terwujud

Megawati hadir, sekitar pukul 09.08 WIB. Memasuki kawasan Istana Merdeka menggunakan mobil golf. Megawati, terlihat datang bersama dengan putrinya, yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Tiba di sisi barat panggung utama Istana Merdeka, Megawati dan Puan disambut Sekretaris Kabinet yang juga politisi senior PDI-P Pramono Anung.

Politisi PDIP Bicara Peluang Prabowo Subianto Bertemu Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDIP itu langsung memasuki panggung utama, disusul Puan di belakangnya. Beberapa mantan pejabat seperti mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno, juga sudah berada di lokasi.

Namun, Presiden ke-6 RI dua periode Susilo Bambang Yudhoyono, hingga kini belum terlihat. Informasi yang diterima VIVA.co.id,  SBY memang tidak hadir. Namun belum ada keterangan resmi dari pihak Istana maupun dari Partai Demokrat.

Megawati Sudah Bertemu dengan Banyak Tokoh Demokrasi tapi Tertutup, Ini Penjelasan Sekjen PDIP

Kereta kencana

Sementara itu, sebelum dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra), bendera pusaka dibawa dengan kereta kencana dari Monas. Tak hanya itu, teks Proklamasi juga sudah tiba di Istana.

Pembawa bendera pusaka adalah pembawa baki Paskibraka 2015 bernama Felisia dari Banten. Kereta kencana yang membawa bendera dan teks Proklamasi, dikawal oleh pasukan berkuda. Kuda-kuda itu adalah pilihan dari Mabes Polri.

Kereta kencana pembawa bendera pusaka dikawal pasuka berkuda

Juga dikawal ratusan pasukan, yang menggunakan pakaian ala prajurit kerajaan. Berhenti di depan Istana, lalu Felisia yang membawa bendera itu dituntun menuju panggung melalui jalan sisi kanan panggung utama Istana Merdeka.

Konsep ini adalah cara baru, dalam perayaan HUT kemerdekaan RI dari tahun-tahun sebelumnya. Pihak Istana sendiri mengonfirmasi, tambahan acara seperti ini merupakan inisiatif langsung dari Presiden Joko Widodo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya