Ceu Popong: Gloria Korban, Lain dengan Arcandra Tahar

Popong Otje
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi X DPR RI, Popong Otje Djundjunan atau sering disapa Ceu Popong, menyesalkan dicoretnya Gloria Natapradja Hamel dari kepesertaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjelang upacara 17 Agustus 2016. 

Ditolak Jadi WNI, Ini Reaksi Gloria Natapraja
Menurut Ceu Popong, pencoretan Gloria bukanlah kesalahan dirinya yang mempunyai dwi kewarganegaraan. Namun kesalahan pengawasan dan administrasi dari pemerintah dalam merekrut anggota Paskibraka.
 
Alasan Ibunda Paskibraka Gloria Gugat UU Kewarganegaraan
"Memang kelemahan kita adalah pengawasan, hampir semua bidang pengawasan lemah, termasuk, anak atau si menteri," kata Ceu Popong di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2016.
 
Kasus Gloria Cerminan Kurangnya Pemahaman Undang-undang
Politikus Partai Golkar ini mengungkapkan seringkali aparatur negara mengesampingkan berbagai undang-undang dan meremehkan pengawasan sebuah sistem. Peredaran obat palsu dan vaksin palsu juga terjadi karena pengawasan lemah.
 
"Di kita ada fenomena aturan untuk dilanggar. Karena pengawasan kurang ketat akibatnya seperti ini," ujarnya.
 
Ceu Popong meminta pemerintah menyiapkan langkah yang tepat bagi Gloria. Karena Gloria hanya seorang pelajar dan berbeda dengan menteri ESDM, Arcandra Tahar, yang baru diberhentikan Presiden Joko Widodo.
 
"Ambil langkah bijaksana, namun (pemerintah) tetap harus melakukan introspeksi. Jadi ini harus dijadikan pelajaran berharga oleh semua pihak," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya