Hari Ini Jokowi Kukuhkan Paskibraka 2016

Pengukuhan anggota Paskibraka 2016 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 15 Agustus 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2016, di Istana Negara, hari ini, Senin 15 Agustus 2016. Mereka akan bertugas di Istana Merdeka, pada 17 Agustus 2016.

Presiden Jokowi Kukuhkan Paskibraka 2017

Upacara pengukuhan itu berlangsung cukup khidmat. Pengukuhan ditandai dengan ikrar di hadapan bendera merah putih.

Pemimpin upacara, Yuliana Iswan, memegang bendera merah putih dan menciumnya. Setelah itu, paskibraka mengucapkan ikrar bersama-sama. Ikrar tersebut berbunyi:

Setelah Bertugas, Paskibraka Jalan-jalan ke Malaysia

Ikrar putra Indonesia
Kami putra Indonesia
Bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa
Kami putra Indonesia
Bersumpah darah satu tanah air Indonesia
Kami putra Indonesia
Berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra Indonesia
Bernegara satu, negara kesatuan Republik Indonesia
Yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
Kami putra Indonesia
Beridiologi satu, ideologi Pancasila
Kami putra Indonesia
Adalah generasi penerus perjuangan bangsa
Bertekad melaksanakan semangat Bhinneka Tunggal Ika
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Kami putra Indonesia
Memegang teguh ikrar
Dan menjalaninya dalam kehidupan sehari-hari
Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridai ikrar kami.

Setelah ikrar dibacakan, upacara dilanjutkan dengan pernyataan pengukuhan oleh Presiden Joko Widodo. Pernyataan pengukuhan itu berbunyi:

Sukacita Ibunda Setelah Gloria Turunkan Bendera di Istana

"Pernyataan pengukuhan: Pengukuhan Paskibraka tahun 2016. Dengan memohon rida Tuhan Yang Maha Kuasa pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2016 sebagai tanda dikukuhkannya pasukan pengibar bendera pusaka di seluruh tanah air Indonesia. Semoga saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik"

Usai itu, Presiden Jokowi melakukan penyematan lencana secara simbolik  kepada Yuliana Iswan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengukuhkan 54 anggota Paskibraka, yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih saat upacara kemerdekaan RI, di Monas, Jakarta, 17 Agustus 2016.

Mereka terdiri dari 27 orang putra dan 27 orang putri. Mereka diseleksi dari 210 orang dari lima kota administrasi Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pengukuhan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Syaifullah, di Balai Agung, Kompleks Balai Kota, Jakarta, Senin, 15 Agustus 2016. "Dengan mengucap bismillah, saya mengukukuhkan anggota Paskibraka tahun 2016. Saya percaya saudara dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab," ujarnya.

Pengukuhan itu sempat diwarnai insiden di mana salah satu paskibraka yang tengah dilantik jatuh pingsan. Namun, yang bersangkutan langsung ditangani oleh tim medis, dan pengukuhan kembali berlangsung.

Usai bertugas mengibarkan bendera merah putih nanti, 54 anggota paskibraka itu direkrut oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk upacara pada hari besar nasional, seperti upacara kemerdekaan, hari pahlawan lainnya. "Saya berharap kalian suatu saat akan menjadi bagian dari Pemprov, selamat bergabung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya