Wiranto Janji Beri Penjelasan Isu Paspor Arcandra Tahar

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • Moh. Nadlir/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto membenarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral,Arcandra Tahar sempat menemuinya, Senin 15 Agustus 2016. Ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan itu.

Lambannya Pengganti Menteri ESDM Memperburuk Citra Indonesia

"Kalau saya ketemu Menteri, banyak yang diomongi," kata Wiranto di kantornya.

Saat dikonfirmasi mengenai isi pertemuan itu, Wiranto enggan mengungkapkannya. Namun, dia tidak menampik pertemuan sempat membahas mengenai paspor Amerika Serikat yang diduga dimiliki Arcandra.

Jokowi Dikabarkan Pilih Menteri ESDM Baru, Besok?

Kendati demikian, Wiranto masih enggan menjelaskannya kepada wartawan. Dia hanya berjanji akan memberikan penjelasan setelah dia menghadap Presiden Joko Widodo.

"Nanti saya ke sini lagi, sekarang saya ditunggu acara di Istana, dari Istana ke sini lagi akan dijelasin semua," sebut dia.

Jokowi Sudah Punya Nama Menteri ESDM yang Baru

Arcandra dikabarkan memiliki dwi kewarganegaraan. Dia disebut-sebut juga memegang paspor Amerika Serikat.

Dikonfirmasi terkait kepemilikan Paspor Amerika itu, Arcandra tidak pernah membantah secara tegas. Dia hanya menyatakan bahwa dia masih Warga Negara Indonesia.

Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo menyebut permasalahan kabar dwi kewarganegaraan perlu segera dijelaskan agar tidak menimbulkan kegaduhan.

"Berdasarkan Undang-undang kita, ketika dia memiliki kewarganegaraan lain, maka kewarganegaranya (WNI) lepas. Boleh jadi warga negara Indonesia lagi asal ada pengajuan kembali, itu diatur undang-undang," ujar dia.

Atas dasar itu, Bambang minta pemerintah menjelaskannya, sehingga saat menjalankan pemerintahan, baik presiden maupun pembantunya tidak melanggar regulasi yang berlaku di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya