Puting Beliung Sapu 36 Bangunan di Bali

Puting beliung di Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id / Bobby Andalan

VIVA.co.id – Angin puting beliung melanda Kusamba, Kabupaten Klungkung, Bali. Puting beliung menerjang disertai hujan deras yang rata mengguyur Pulau Bali. Kepala Dusun Kusamba, Ketut Winastra menuturkan, angin puting beliung itu menyapu puluhan rumah.

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

"Angin berputar cukup keras. Suaranya terdengar seperti kumpulan tawon, bergemuruh," kata Winastra, Minggu 14 Agustus 2016.

Akibat kejadian ini sebanyak 36 bangunan yang terdiri dari  rumah warga, pura, warung, posyandu, kantor Lembaga Perkreditan Desa (LPD) hingga balai banjar mengalami kerusakan atap. Saat angin menerpa, atap-atap bangunan itu beterbangan.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

Tercatat delapan bangunan rusak di Banjar Sangging, lima bangunan di Banjar Pande, lima bangunan di Dusun Rame serta di Kampung Kusamba sebanyak delapan belas bangunan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang pada saat kejadian sedang memimpin upacara HUT Provinsi Bali ke-58 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, begitu selesai memimpin upacara langsung bergegas meninjau lokasi bencana.  

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Kedua pasangan pemimpin wilayah pemerintahan di Kabupaten Klungkung ini langsung memasuki setiap rumah yang mengalami kerusakan akibat terjangan angin puting beliung yang disertai hujan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada BPBD, anggota TNI dan Polri atas reaksi cepat dalam penanganan awal bencana ini. Tentu sudah jadi kewajiban  Pemkab untuk membantu memberikan bantuan perbaikan," kata Suwirta.

Angin puting beliung terpantau di perairan Bangkalan, Madura

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Angin puting beliung terpantau berputar hebat dan menerjang perairan selat Madura, tepatnya di wilayah pesisir barat Kabupaten Bangkalan, Madura, pada Rabu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024