Survei: Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jokowi Meningkat

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA.co.id – Kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pasca reshuffle jilid dua dan bergabungnya Golkar serta PAN, diklaim meningkat. Hal ini terungkap dari hasil survei Indikator Politik Indonesia. 

Survei: Banyak yang Makin Setuju Jokowi Jadi Presiden Tiga Periode

"Mayoritas warga, dengan jumlah 68 persen merasa puas puas kinerja Jokowi. Tingkat kepuasan ini tertinggi setelah Jokowi menjabat sebagai presiden," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu 14 Agustus 2016.

Burhanudin menjelaskan, tingkat kepuasan ini dipicu oleh kondisi ekonomi, di mana tingkat inflasi sangat memengaruhi kepuasan masyarakat.  

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

"Warga umumnya optimis dengan ekonomi nasional ke depan. Ini modal psikologi penting," ungkapnya. 

Selain itu, tingkat kepuasan ini meningkat akibat didorong realisasi program, seperti infrastruktur, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

Survei Indikator: Duet Ganjar-Erick Thohir Bisa Kalahkan Prabowo

Namun dari hasil survei ini, masyarakat masih belum puas dalam beberapa kinerja pemerintahan Jokowi. Hal terlihat dari minimnya penyerapan tenaga kerja, tingginya angka kemiskinan dan tingginya harga bahan pokok.

"Jokowi masih belum bisa selesaikan masalah ini. Ini pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan," kata Burhanuddin.

Dalam melakukan survei, Burhanudin mengatakan menggunakan metode wawancara terbuka pada 1.220 responden di seluruh Indonesia, dengan margin error 2,9 persen. Survei dilakukan dari 1-9 Agustus 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya