Gempa 5,1 Skala Richter Guncang Selat Sunda

Lokasi gempa Selat Sunda
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Gempa tektonik kembali terjadi di wilayah Selat Sunda, Jumat 12 Agustus 2016, pukul 14.17.16 WIB. Dari analisis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi memiliki kekuatan 5,1 Skala Richter.

Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6,57 LS dan 104,8 BT, tepatnya di laut pada jarak 65 km arah barat daya Kota Labuan, Pandeglang, dengan kedalaman 56 kilometer.

BMKG Perbaharui Kekuatan Gempa Bali 5,6 Skala Richter

Kepala BMKG Lampung, Sugiono, mengatakan, hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan cukup kuat di beberapa daerah di Pandeglang seperti Ujung Kulon, Sumur, Situpotong, Labuan, dan Citeureup.  Sementara di Lampung, goncangan gempa bumi juga dirasakan di Kota Jawa, Bandar Agung, Balimbing, dan Tampang.

"Dari analisis, tingkat guncangan gempa bumi berupa guncangan, ini dirasakan di daerah Serang dan Lampung," ujar Sugiono.

Bali Diguncang Gempa 6,4 Skala Richter

Ia menambahkan, di daerah ini goncangan dilaporkan mencapai skala intensitas II SIG BMKG (III MMI), dimana gempa bumi dirasakan oleh orang banyak, namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Masih kata Sugiono, gempa bumi Selat Sunda ini merupakan jenis gempa bumi tektonik akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Pusat gempa bumi berada di zona transisi Megathrust-Benioff di kedalaman 56 km dengan mekanisme sesar oblique naik. Mengingat hiposenter mendekati kedalaman menengah maka gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Dua Rumah Warga Garut Terdampak Gempa Tasikmalaya

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu masyarakat pesisir Selat Sunda dan sekitarnya, dihimbau agar tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi

Dampak Gempa Bali, Sejumlah Bangunan Rusak Ringan

Pulau Bali diguncang gempa berkekuatan 5,6 SR

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2017