Aksi Heroik Serma Musbah Selamatkan Korban Kapal Terbakar

Serma Musbah, prajurit TNI heroik
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Anggota Babinsa Koramil Maligano, Kodim 1416/Muna, Sersan Mayor (Serma) Musbah melakukan aksi heroik saat dia berhasil menyelamatkan sejumlah penumpang Kapal Lintas Biru Nusantara di Selat Buton, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu.

Sudah 26 Jam Api yang Membakar KMP Mutiara Berkah 1 Belum Berhasil Dijinakkan

Ketika itu, Kapal jurusan Raha-Maligano yang mengangkut 24 orang penumpang itu terbakar dalam perjalanannya.

"Keberadaan dia di sana banyak menyelamatkan masyarakat. Ini merupakan panggilan hati nurani," kata Komandan Korem (Danrem) 143/Haluoloe Kendari, Kolonel Inf Immanuel Ginting di Markas Kodam VII/Wirabuana, Kendari, Sulawesi Utara, Kamis 11 Agustus 2016.

135 Truk Terjebak Kebakaran Kapal Feri di Dermaga Merak, Penumpang Selamat

Dia menuturkan, pada saat kejadian terbakarnya Kapal, Serma Musbah secara kebetulan tengah melintas dengan arah berlawanan, tidak jauh dari lokasi. Saat itu, Serma Musbah sedang menggunakan perahu mesin tempel (katinting) miliknya dari pelabuhan Maligano menuju Raha.

Serma Musbah yang melihat ada kapal yang terbakar di tengah perairan, dan langsung merapat.

Masih Misteri, Polisi Lakukan Ini Ungkap Kebakaran 10 Kapal Nelayan di Muara Baru

"Melihat ada kepulan asap di tengah laut, Serma Musbah kemudian datang menghampiri dan melihat kapal sudah terbakar hebat. Beberapa penumpang panik dan ada yang terjebak di tengah kobaran api," ujar Ginting.

Melihat kondisi tersebut, Serma Musbah langsung menyelamatkan satu per satu penumpang ke atas perahu miliknya.

"Penumpang tersebut kemudian dibawa ke perahu lain yang lebih besar, kemudian Serma Musbah kembali ke lokasi kejadian untuk mengangkut kembali satu per satu korban yang masih terapung," kata dia.

Pada peristiwa tersebut, enam orang dilaporkan meninggal dunia, dua di antaranya adalah anak-anak dan balita. Namun, berkat kecepatan dan keberanian Serma Musbah dalam memberikan pertolongan, banyak penumpang yang bisa diselamatkan.

Aksi heroik Serma Musbah itu mendapat penghargaan dan apresiasi langsung dari Komandan Korem (Danrem) 143/Haluoloe Kendari, Kolonel Inf Immanuel Ginting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya