Sekolah Seharian, DPR Minta Pemerintah Konsultasi Dulu

Ilustrasi/ Sejumlah pelajar berdoa saat melaksanakan salat Istisqa (salat meminta hujan) di halaman SDN 179 Palembang, Sumsel,Kamis (17/9/2015)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi X DPR, Ferdiansyah, menyambut baik rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru soal rencana untuk menerapkan kebijakan Sekolah Sehari Penuh. Meski begitu, ia memberikan catatan penting.

"Aktivitas apa yang dilakukan school day full? Apa yang disiapkan kalau sekolah sampai jam 5?" kata Ferdiansyah, Senin 8 Agustus 2016.

Ia menambahkan komunikasi dengan orangtua murid juga harus intens. Sebab bisa saja ada anak yang membantu keluarganya. Misalnya menjaga barang dagangan demi perekonomian.

Tak hanya itu, ia juga memikirkan bagaimana sekolah dilaksanakan sepanjang hari agar anak jangan sampai cepat letih. Ia pun mempertanyakan soal makan siang anak nantinya.

"Sudah dihitung belum konsekuensi logis. Kalau belum akan mendapatkan ekses. Saya minta itu yang dilakukan," kata Ferdiansyah.

Ia mengatakan kebijakan tersebut memang menjadi wewenang pemerintah. Tapi dalam konteks sebagai wakil rakyat, rencana tersebut bisa saja dikonsultasikan lebih dulu dengan DPR.

Sistem 'Full Day School' Dinilai Cocok Hanya untuk SMA
Ibu dan anak.

Jadwal Terlalu Padat Mampu Picu Anak Depresi

Menghindari pekerjaan sekolah, sehingga nilai-nilainya menurun.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016