Kesaksian Eks Kalapas Nusakambangan Terkait Testimoni Freddy

Mantan Kalapas Batu Nusakambangan Liberty Sitinjak
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id - Mantan Kepala Lapas Batu, Nusakambangan, Liberty Sitinjak, telah memenuhi panggilan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk dikonfirmasi terkait testimoni Freddy Budiman yang dipublikasi oleh Koordinator Kontras, Haris Azhar.

Kabag Humas BNN, Kombes (Pol) Slamet Pribadi, membeberkan mengenai kesaksian Sitinjak selama proses pemeriksaan pada hari ini, Senin, 8 Agustus 2016.

Cerita Liberty Sitinjak Ditawari Uang Besar oleh Freddy

Ada beberapa poin yang telah dikonfirmasi oleh Sitinjak. Pertama, Sitinjak membenarkan ada oknum BNN yang datang ke Lapas Nusakambangan pada saat hari libur nasional (Kenaikan Isa Almasih). Saat itu Sitinjak sedang tidak berada di kantor, kemudian dia dihubungi oleh petugas di lapas.

"Disampaikan oleh Kalapas kepada petugas jaga bahwa sepanjang dalam koridor melaksanakan tupoksinya akan dilayani," kata Slamet di Kantor BNN Cawang, Jakarta Timur.

Mengenai identitas, Sitinjak tidak mampu mengingat siapa oknum BNN yang datang ke Nusakambangan. Karena kejadian tersebut sudah terjadi pada 2014 silam.

Mantan Kalapas Nusakambangan Liberty Sitinjak Diperiksa BNN

Pada pemeriksaan tersebut, Sitinjak menganjurkan pihak BNN untuk mengecek buku tamu yang tersedia di Lapas Nusakambangan. Karena di sana tercatat nama pengunjung, apa keperluannya dan akan menemui siapa.

Sementara itu, terkait dengan permintaan melepas kamera pengawas, Sitinjak mengatakan secara tegas tidak ada. Namun, dia membenarkan oknum BNN tersebut mempermasalahkan pemasangan CCTV di sel Freddy.

"Oknum tersebut mempermasalahkan mengapa memasang alat tersebut tanpa koordinasi terlebih dahulu. Namun, hal ini tidak ditanggapi oleh Sitinjak," ujar Slamet.

Slamet juga mengungkapkan kesaksian Sitinjak yang menceritakan pertemuan Harris Azhar dengan Freddy Budiman. Menurut Slamet, Sitinjak menyatakan pertemuan antara Freddy dan Haris bukan pertemuan khusus.

"Pada saat itu, Harris berencana akan bertemu dengan narapidana lain, namun tidak sengaja bertemu Freddy Budiman yang saat itu tengah mengikuti program penyegaran atau relaksasi di luar sel. Saat itulah Harris dan Freddy berbincang," kata Sitinjak.

[Baca: Kesaksian Freddy Budiman dan Uang 'Titipan' untuk Aparat]

Menurut Slamet, dalam pemeriksaan, Sitinjak mengatakan dalam percakapan tersebut Freddy tidak menyebutkan nama-nama yang diberikan uang olehnya dalam bisnis narkoba yang dilakukannya.

Instruksi Jokowi Soal Testimoni Freddy Budiman

"Menurut Sitinjak, saat Freddy dan Haris bertemu, Freddy tidak sebut nama yang dia beri uang terkait bisnis Narkoba," ujar Slamet. (ase)

Sitinjak di BNN

Sitinjak Diperiksa BNN Terkait Pencopotan CCTV Sel Freddy

BNN juga memeriksa sejumlah petugas di internalnya terkait ini.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016