Reaksi Kocak Kapolda Jatim Namanya Masuk Survei Pilkada

Reaksi Kocak Kapolda Jatim soal Namanya Masuk Survei Pilkada
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal
VIVA.co.id - Nama Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji, belakangan tiba-tiba muncul di tengah wacana seputar Pemilhan Gubernur (Pilgub) atau Pilkada Jatim 2018.
Mensos Sebut Porseka Bagian Revolusi Mental

Namanya muncul karena tak lama lagi jenderal bintang dua kelahiran Malang itu pensiun.
Mensos Heran Peredaran Narkoba Kian Marak di Madura

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya (Golkar), Nyono Suharli, yang kali pertama mencuatkan nama Kapolda Anton ke publik. Bupati Jombang itu menyebut nama Anton masuk dalam daftar survei bakal calon Pilkada Jatim yang dilakukan Golkar.
Golkar: Pilkada Jatim Pertarungan Khofifah dan Saifullah

Nyono mengatakan, ada sejumlah nama masuk dalam survei Golkar. "Nama Kapolda Jatim, Pak Anton, masuk survei. Dari internal Golkar juga ada beberapa nama di survei, termasuk saya sendiri," kata Nyono di kantor Nahdlatul Ulama Jawa Timur, Surabaya, pada Senin, 1 Agustus 2016.

Kapolda Anton tidak menanggapi serius ketika ditanya soal masuknya nama dia dalam survei Golkar terkait Pilgub Jatim. Bahkan, mantan Kapolda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat itu mereaksi secara kocak ketika didesak wartawan untuk berkomentar. 

"Ini bukan soal Pilkada, ini pemberangkatan Brimob. Ngarang ae arek-arek iki (mengarang saja teman-teman ini)," kata Anton sembari tersenyum, seusai upacara pemberangkatan pasukan Brigade Mobile (Brimob) pada Operasi Tinombala di Markas Polda Jatim, Surabaya, pada Jumat sore, 5 Agustus 2016.

Anton juga mengaku tidak tahu namanya dimasukkan Golkar dalam survei yang dilakukan partai beringin itu.

"Itu kan Golkar. Saya ini Kapolda, masih dinas. Ngurus Polda ae pusing, opo maneh ngurus sing aneh-aneh (mengurus persoalan Polda Jatim saja sudah pusing, apalagi mengurus persoalan yang aneh-aneh),” ujarnya sembari tertawa tipis.

Meski Pilkada Jatim masih dua tahun lagi, sejumlah nama mulai berseliweran ke tengah publik disebut-sebut akan maju. Nama yang paling santer muncul ke permukaan ialah Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa; Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, dan Ketua PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya