Bayi Usus Terburai Ini Butuh Ditangani di NICU

Ilustrasi bayi di rumah sakit
Sumber :
  • iamforkids.org

VIVA.co.id - Seorang bayi lahir dengan kondisi usus terburai di Bandung, Jawa Barat. Saat ini, bayi itu memerlukan penanganan intensif di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Tersangka Pemalsu Kartu BPJS Bertambah

Keluarga bayi itu, Agus Supriatna (53) berharap bayi yang lahir Jumat, 29 Juli 2016 tersebut segera mendapat perawatan di NICU. Saat ini, bayi yang merupakan anak dari Muhamad Syarizal, keponakan Agus, berada di inkubator Rumah Sakit (RS) Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Anaknya lahir dalam keadaan enggak normal, dari lahir itu kena usus terburai. Pihak RS Soreang enggak ada alat yang memadai untuk menangani," kata Agus, Rabu, 3 Agustus 2016.

Tidak hanya itu. Bermodalkan kartu BPJS Kesehatan, Agus sulit mendapatkan kepastian penanganan dari rumah sakit. "Saya coba ke beberapa rumah sakit pakai BPJS. Semua rumah sakit alasannya enggak ada tempat, enggak ada kamar. Mungkin karena BPJS ini yang ditolaknya," ujar Agus.

Agus khawatir jika saat di inkubator anak tersebut mendapatkan gangguan yang membutuhkan penanganan ekstra. Pihaknya berharap pemerintah dan rumah sakit yang memiliki alat NICU dapat membantu.

Agus mengaku sempat berniat membawa pulang paksa anak itu. "Rencananya mau tarik paksa, tapi memerlukan ambulans yang ada inkubatornya. Tapi (rumah sakit) enggak ngasih harus melalui prosedur yaitu jika ada RS yang mau terima, baru ngasih rujukan," katanya. (ase)

Ilustrasi kartu BPJS resmi

28 Orang Pegang Kartu BPJS Palsu di Koja

Kasus ini terbongkar saat korban berobat di Puskesmas Koja.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016