Wiranto: Rusuh Tanjung Balai Sangat Patut Disesalkan

Kerusuhan di Tanjungbalai Dipicu Pengeras Suara Masjid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution
VIVA.co.id
Dua Tahun Usai Kerusuhan SARA, Toleransi di Tanjung Balai Kian Kuat
- Sebuah vihara dibakar oleh sekelompok orang di wilayah Tanjung Balai Sumatera Utara, Sabtu malam, 30 Juli 2016. Perusakan ini ditengarai oleh ketersinggungan sejumlah orang lantaran seorang warga meminta pengurus masjid setempat untuk mengecilkan volume azan.

Tertangkap Sabu, Camat dan Lurah Tanjung Balai Dicopot

Sejauh ini kepolisian bersama sejumlah tokoh agam telah mengadakan pertemuan untuk penyelesaian ini. Sebanyak tujuh orang telah diamankan lantaran dianggap merusaka dan menjarah sejumlah barang di vihara.
Polisi Terima 19 Laporan Kerusuhan Tanjungbalai


Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, mengakui menyesalkan pecahnya kejadian tersebut. Ia menilai tindakan pembakaran itu bukan cerminan budaya Indonesia dalam penyelesaian masalah.


Untuk itu ia menekankan agar semua pihak untuk tidak melanjutkan perselisihan dan meminta penegak hukum untuk menyelesaikan masalah tersebut.


Di linimassa twitter, respons atas kerusuhan Tanjung Balai juga banyak mengecam aksi itu. Sejumlah netizen berharap agar pembakaran Vihara tersebut dapat segera dituntaskan dan menangkap para pelakunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya