Gerindra: Penunjukan Sri Mulyani Bahayakan Eksistensi UKM

Politisi Partai Gerindra, Bambang Haryo S.
Sumber :
  • Januar Adi (Surabaya)

VIVA.co.id - Politisi Partai Gerindra, Bambang Haryo S mengatakan, penunjukkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan mengancam eksistensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Sri Mulyani Hibahkan Karpet-Sajadah Impor Ilegal Senilai Rp 1,8 Miliar ke Pemkab Bekasi

Alasannya, selama ini Sri Mulyani dikenal sebagai seorang menteri yang lebih mengutamakan kepentingan ekonomi makro.

“Kita lihat pada era Pak SBY. Beliau lebih fokus pada ekonomi makro. Sedangkan ekonomi mikro seperti UKM kurang diperhatikan. Makanya kemudian digantikan oleh Pak Agus Martowardoyo,” kata Bambang seusai acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Surabaya, Sabtu 30 Juli2016.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Padahal, menurut Bambang, UKM di sejumlah negara merupakan tonggak ekonomi yang sangat penting. Dia mencontohkan di sebagian negara Eropa dan Asia Timur.

“Mereka itu benar-benar memperhatikan eksistensi UKM sehingga peranan negara terlihat betul,” ujarnya.

Sri Mulyani Dapat Anggaran Rp 48,35 Triliun: Tugas Kemenkeu 2024 Sangat Menantang

Oleh karena itu, Bambang berharap, Sri Mulyani tidak mengulangi kesalahannya saat menjabat pada pemerintahan SBY. Caranya, dengan banyak memberikan bantuan serta kredit kepada pelaku UKM yang ada di Indonesia.

“Jangan seperti era sebelumnya yang hanya diperhatikan sektor makro. Kalau makro terus yang diperhatikan maka UKM kita akan terancam. Padahal mereka yang selama ini terbukti membuat roda perekonomian kita tetap bertahan,” jelasnya.

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri

Ditanya Peluang Jadi Menkeu Lagi, Begini Jawaban Chatib Basri

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani diisukan oleh Ekonom Senior Indef, Faisal Basri sebagai menteri yang paling siap mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024