Wali Kota Bandung Kaget Ada Bungker di Bawah Pemukiman Warga

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melihat-lihat temuan bungker.
Sumber :
  • Suparman (Bandung)

VIVA.co.id - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, kaget saat tahu ada bangunan pertahanan militer bersejarah (bungker)  di bawah lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops II, Jalan Stasiun Barat, Kota Bandung, Jawa Barat.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Pria yang kerap disapa Emil itu mengetahui kabar adanya bangunan sejarah yang terimbun tanah, saat warga mendampingi kunjungannya ke lokasi penertiban lahan PT KAI.

Di sela kunjungan, tokoh masyarakat RT 03/02, Kelurahan Kebon jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Rosyid mengungkapkan, bungker itu sudah ada sejak lama. Bahkan, dulunya bangunan itu disebut sebagai tempat persembunyian tentara.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

"Di sini enggak ada saluran air. Ini memang bangunan bawah tanah, yang dulu dipakai untuk berperang," jelas Rosyid kepada Emil, Sabtu 30 Juli 2016.

Menanggapi temuan itu, Emil kemudian melakukan koordinasi dengan Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jawa Barat.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Menurut Emil, hal itu ia lakukan karena kondisi bangunan yang dianggap warga sekitar memiliki nilai sejarah itu dinilai berbahaya dan digenangi air kotor.

"Saya tak menduga, di bawah hunian mereka ada bunker, tempat penyimpanan senjata. Ditemukan juga helm-helm tentara. Sejauh ini tidak pernah ada yang tahu, karena tertutup oleh pemukiman," ujar Emil.

Bungker antinuklir di Georgia, AS

Ini Bungker Mewah Tahan Ledakan 20 Ribu Ton Nuklir

Bungker ini ditawarkan Rp240 miliar.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2015