Jokowi: Percepat Pembangunan Desa

Para menteri hasil reshuffle kabinet jilid dua pada 2016 lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) yang baru Eko Putro Sandjojo mengaku mendapat pesan khusus dari Presiden Joko Widodo dalam menjalankan tugasnya.

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

"Baru dikasih tahu (jadi Mendes) dua hari lalu. Pesan Pak Presiden percepat pembangunan desa," kata Eko dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 28 Juli 2016.

Untuk itu, ia akan membuat program yang bisa menyerap banyak tenaga kerja di desa. Menurutnya, pada dasarnya tugasnya adalah memberdayakan ekonomi desa agar lebih berkembang. "Yang sekarang dijalankan terutama adalah untuk program-program yang bisa menyerap tenaga kerja," katanya menambahkan.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

Selain itu, dia juga akan mendorong desa untuk membentuk badan usaha desa. Karena lembaga itu bisa menggerakkan ekonomi di desa.

"Badan usaha desa itu uang dimasukkan ke situ. Jadi desa ada kendaraan channeling untuk KUR (Kredit Usaha Rakyat), simpan pinjam dan sarana pascapanen sesuai kebutuhan desa," ujarnya.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

Menurut Eko, program-program di Kemendes PDTT semasa dipimpin Marwan Jafar cukup berhasil. Oleh karena itu, ia akan meneruskan kebijakan yang telah dibuat oleh koleganya di Partai Kebangkitan Bangsa itu selama 21 bulan memimpin Kemendes.

"Saya baru di bidang ini. Saya akan teruskan kebijakan yang telah dibuat Pak Marwan. Tanpa dukungan dan komitmen tidak akan jalan semua kebijakan tersebut. Ini kementerian baru, coverage-nya luas dan desa di Indonesia sangat banyak. Jadi akan sulit, tapi dengan kerja keras saya yakin kita bisa mengemban tugas dari Presiden."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya