Cara Terbaik Upgrade Gratis ke Kelas Pertama di Pesawat

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Banyak orang beranggapan bahwa dengan berdandan dan bercerita sesuatu yang menarik bisa mendapatkan upgrade gratis ke kelas pertama dalam penerbangan. Namun, hal tersebut nampaknya sulit. Pada tahun-tahun sebelumnya mungkin mudah, ketika perusahaan penerbangan susah menjual tiket kelas pertama.

Ini Dia Tips Travelling Naik Pesawat Super Hemat
Namun, hari ini banyak traveler yang membeli tiket pesawat untuk kelas pertama dan bisnis. Hal ini membuat kursi untuk kelas pertama menjadi lebih sedikit. 
 
Aturan Menteri Harus Naik Pesawat Ekonomi Banyak Diprotes
"Tidak ada cara bicara manis atau berpakaian rapih bisa mendapatkan upgrade gratis," kata Jaime Fraser, juru bicara Virgin Atlantic, sebuah perusahaan penerbangan dunia. 
 
Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules
"Jika staf bandara kami ingin meng-upgrade penumpang pada hari keberangkatan, ada proses yang mereka harus ikuti, yang biasanya melihat penumpang seberapa sering melakukan perjalanan atau membeli tiket fleksibel.
 
Pada Virgin Atlantic, seperti sebagian besar maskapai penerbangan, upgrade ke kursi yang belum terjual biasanya terjadi kepada penumpang yang loyal, orang yang menghabiskan banyak uang setiap tahun untuk membeli tiket yang mahal.
 
Beberapa tahun yang lalu, para penumpang elit ini bisa dihitung dengan jari, apalagi ketika terbang di udara Amerika Serikat. Namun, sekarang ini penumpang harus menunggu menit terakhiruntuk mendapatkan upgrade gratis tersebut.
 
Dengan semua hal ini, bukan berarti upgrade gratis ke kelas pertama menjadi hal yang mustahil, berikut cara terbaik untuk upgrade gratis ke kelas pertama, seperti dilansir laman Foxnews.
 
Sering terbang
 
Ini adalah salah satu hal yang paling umum untuk mendapatkan upgrade gratis ke kelas pertama. Kebanyakan maskapai menyimpan kursi cadangan untuk penumpang yang terbang setidaknya 25.000 mil dalam setahun.
 
Sekarang ini, maskapai telah menjual lebih banyak kursi untuk kelas pertama, termasuk di penerbangan yang popular. Hal ini karena biasanya perusahaan penerbangan memprioritaskan orang yang telah banyak terbang dalam setahun.
 
Menggunakan jarak
 
Jika Anda bukan penumpang yang prioritas, tapi masih diperhitungkan ketika sudah menempuh jarak yang jauh. Hati-hati, walaupun Anda sering terbang jauh, Anda akan dikenakan biaya untuk upgrade tersebut.
 
Beruntung
 
Kadang-kadang penerbangan penuh, dan beberapa penumpang memiliki tiket yang sama, sehingga tidak mendapatkan kursi di belakang. Pihak agen akan memastikan penumpang paling setia untuk mendapatkan kenyamanan atau tetap mendapatkan kursi. 
 
"Agen biasanya memiliki beberapa fleksibilitas untuk memastikan pesawat itu keluar penuh dan tepat waktu," kata Gary Leff, seorang blogger yang sering terbang.
 
Menyelamatkan orang
 
Pramugarai biasanya tidak meng-upgrade penumpang, bahkan ketika kursi masih kosong. Ada satu pengecualian yaitu tenaga medis. Dokter dan perawat yang menjawab panggilan darurat mendapatkan pengecualian tersebut. Jika mereka berhasil menolong penumpang, pramugari memungkinkan untuk memberikan kursi kelas bisnis atau kelas pertama untuk sisa penerbangan mereka.
 
(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya