Lokasi Pemakaman Napi yang Dieksekusi Mati di Nusakambangan

Lokasi eksekusi mati jilid tiga Nusakambangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Dua lokasi pemakaman jenazah para terpidana mati telah disiapkan di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Lokasi pemakaman tersebut, terletak di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kerkof dan TPU karang suci.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

Lokasi tersebut disiapkan bagi keluarga terpidana mati yang menyetujui jenazah dimakamkan di Nusakambangan.

"Ada dua lokasi yang kita siapkan. Di (TPU) Kerkof dan (TPU) Karang Suci. Itu disiapkan, jika keluarga setuju untuk dimakamkan di sana," kata Kasubbag Humas Polres Cilacap, AKP R. Bintoro di depan Dermaga Wijaya Pura, Kamis 28 Juli 2016.

Menurut Bintoro, dua lokasi pemakaman tersebut telah disiapkan untuk jenazah muslim dan non muslim. TPU Kerkof untuk pemakaman jenazah yang non muslim, sedangkan TPU Karang Suci disiapkan untuk jenazah muslim.

Menurut Bintoro, setelah eksekusi mati, dibutuhkan waktu lima puluh menit sampai satu jam untuk mengurusi jenazah terpidana mati. Bahkan, waktu lebih lama dibutuhkan untuk jenazah non muslim yang harus dirias seperti dipakaikan kemeja, jas, dan dirias.

"Setelah dieksekusi, tentunya harus dipastikan oleh tim medis yang bersangkutan telah meninggal, terus lukanya juga harus dijahit, setelah itu harus dimandikan. Pokoknya ,akan diurus terlebih dahulu," ujar Bintoro.

Selain itu, Bintoro juga memastikan terkait waktu pelaksanaan eksekusi mati. Menurutnya, eksekusi mati akan dilakukan malam ini. Atau, Jumat dini hari 29 Juli 2016.

"Saat ini, hampir semua sudah siap. Ini tinggal masuk persiapan final saja. Tinggal persiapan terakhir," ujarnya. (asp)

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016