Freddy Budiman: Hanya Allah yang Bisa Menghukum Mati

Terpidana mati Freddy Budiman saat akan diterbangkan ke Nusakambangan.
Sumber :
  • Dok Kemenkum HAM.

VIVA.co.id - Pemerintah Indonesia bakal segera melakukan eksekusi mati tahap ketiga terhadap terpidana hukuman mati. Di antara terpidana mati itu dikabarkan ada nama Freddy Budiman yang bakal dieksekusi dalam waktu dekat ini. 

Tim Investigasi Freddy Budiman Akan Periksa Polisi dan Sipir
Freddy adalah terpidana mati kasus narkoba. Dia dituding terlibat berbagai kasus narkoba di Tanah Air. Di antaranya mengimpor sekitar 1,5 juta pil ekstasi dari Hong Kong, mengendalikan jaringan narkoba dari dalam penjara.
 
Haris Azhar Tolak Bergabung di Tim Investigasi Testimoni
Dalam wawancara dengan tvOne, Freddy mengungkapkan suara hatinya seputar keluarga dan kasus narkoba yang membelitnya. Berikut ini kutipan wawancara tvOne dengan Freddy yang dilansir, Kamis, 28 Juli 2016: 
 
Laporan Pencemaran Nama Baik oleh Haris Azhar Ditunda
Apakah keluarga tahu Anda menjalankan bisnis narkoba?
 
Awalnya anak-anak saya tidak tahu. Mereka tidak tahu saya mendekam di penjara. Anak saya tahunya saya bekerja di luar negeri. 
 
Kapan Anda bisa bertemu mereka?
 
Fase bertemu mereka ketika dapat izin berobat. Saya suruh mereka samperin, kami berjumpa. Dalam waktu tiga tahun hanya tiga hari berjumpa.
 
Apa yang Anda harapkan dari mereka?
 
Saya ingin mereka jadi kebanggaan untuk saya walaupun dalam hati saya, saya begini.
 
Apakah Anda yakin keluarga tidak akan tersentuh narkoba?
 
Tidak akan. Mereka ada pondasi yang kuat dari sekolah dasar (SD) sekolah agama, dari lingkungan bagus.
 
Sekarang mereka tahu Anda terlibat narkoba. Apa yang Anda ingin sampaikan?
 
Saya minta maaf kepada anak saya. Saya lakukan ini demi mereka. Saya berharap keterpurukan ini tidak menjadikan mereka patah semangat. 
 
Apakah mereka tahu Anda divonis hukuman mati?
 
Mereka tahu saya divonis hukuman mati. Saya masih mengajukan banding, kasasi. Banyak yang mau saya utarakan dengan bukti yang saya dapat bahwa saya tidak permah lihat 1,5 juta butir ekstasi (yang dituduhkan diselundupkan oleh Freddy ke Indonesia).
 
Bagaimana Anda menjelaskan harus menjalani hukuman mati kepada anak-anak Anda?
 
Saya jelaskan bahwa vonis mati itu hanya hukuman dari hakim. Pada faktanya yang bisa hukum mati kita itu hanya Allah. Kalian harus semangat. Anak-anak bisa terima. Mereka dukung saya dan meminta saya untuk lebih dekat dengan agama.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya