Anak Pemulung Ini Berpeluang Raih S2 di Singapura

Firna Larasanti, anak pemulung dengan skripsi terbaik di Universitas Negeri Semarang
Sumber :
  • Dwi Royanto/ VIVA.co.id

VIVA.co.id - Universitas Negeri Semarang mengapresiasi keberhasilan Firna Larasanti (21), anak pemulung yang menjadi wisudawan dengan penghargaan skripsi terbaik tahun 2016. Keberhasilan itu membuat Firna berkesempatan mendapatkan beasiswa program magister di Singapura.

Mahasiswa Brawijaya Buat Jelantah Jadi Pengharum Ruangan

Rektor Universitas Negeri Semarang, Fathur Rokhman berjanji akan memfasilitasi mahasiswi itu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Pihaknya bahkan telah berkonsultasi dengan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir terkait rencana tersebut.

"Saya sudah konsultasi ke pak Menristek, ada mahasiswa Unnes anaknya pemulung tapi jadi mahasiswa dengan skripsi terbaik dan ingin melanjutkan S2. Pak Menteri jawab, akan bantu komunikasikan," kata Fathur Rokhman usai prosesi wisuda mahasiswa Universitas Negeri Semarang, Rabu, 27 Juli 2016.

ITS Lombakan 2 Kapal Tenaga Matahari ke Jepang

Menurutnya, Firna berpeluang masuk program magister di Singapura melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). "Maka saya sampaikan, ini kesempatan, dan kemiskinan bukan halangan. Justru kebodohan yang jadi halangan. Asal berprestasi, meski miskin akan ada jalan beasiswa," katanya.

Dia menjelaskan, setiap tahun kampusnya rutin memberikan kesempatan kepada anak kurang mampu untuk menempuh perguruan tinggi.
Sepuluh Pekerjaan 'Part Time' yang Cocok untuk Mahasiswa
 
"Ada juga keluarga yang pas-pasan dan miskin. Misalnya anak pesuruh sekolah, dan seperti Firna ini kita bantu pendanaan dari Rumah Amal Unnes. Sebab, kampus kita menampung anak pegawai dan orang-orang yang kurang mampu," ujarnya menambahkan.
 
Firna merupakan satu dari 1.460 mahasiswa yang diwisuda hari ini. Skripsi Firna berjudul "Marketing Politik Pasangan Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti" menjadi karya terbaik.
 
(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya