Yuddy Chrisnandi Langsung Berkemas Usai Dicopot dari Menteri

Yuddy Chrisnandi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo merombak sejumlah menteri, salah satunya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, digantikan oleh Asman Abnur, Rabu, 27 Juli 2016.

Usai pengumuman menteri baru, VIVA.co.id mencoba masuk ke ruang kerja Yuddy Chrisnandi di kantor Kementerian PANRB yang berada di lantai dua. Terpantau barang-barang milik Yuddy sudah dikemas dalam sebuah kardus.

"Tadi mulai jam 10 beres-beres foto-foto dan buku-buku Pak Yuddy di ruangannya dan sudah dikemasin semuanya," kata Staf Pribadi Menteri Yuddy, Rizki Wulandari di kantornya.

Yuddy diketahui sudah meninggalkan kantor PANRB dan langsung menuju Istana Presiden untuk menyaksikan pelantikan para menteri baru.

Diketahui, Presiden Joko Widodo merombak kabinet kerjanya di antaranya, 12 posisi menteri baru, 8 menteri terdahulu terdepak dari posisinya.

Mereka adalah Rizal Ramli yang semula ada di posisi Menteri Koordinator Kemaritiman digantikan Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut sebelumnya menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Kemudian, Yuddy Chrisnandi yang dicopot dari jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, digantikan politikus PAN Asman Abnur.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

Sudirman Said dicopot sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) digantikan Archandra Tahar dari kalangan profesional.

Anies Baswedan diberhentikan Jokowi sebagai Menteri Pendidikan Nasional, digantikan oleh mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Muhajir. Jabatan Saleh Husin sebagai Menteri Perindustrian juga dicopot Jokowi, dan digantikan politikus Golkar Airlangga Hartarto.

Selanjutnya, giliran Ignasius Jonan yang dicopot Jokowi sebagai Menteri Perhubungan. Ia digantikan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi. Ferry Mursyidan Baldan juga dicopot sebagai  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, digantikan Sofyan Djalil.

Terakhir, Marwan Jafar yang dicopot sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi, digantikan koleganya di PKB, Eko Putro Sanjoyo.

Sementara itu, empat menteri Jokowi sebelumnya hanya digeser jabatannya yakni, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan digeser posisinya sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman. Jabatan Menko Polhukam digantikan Ketua Umum Hanura Wiranto.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro digeser sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Bambang digantikan Direktur Bank Dunia, Sri Mulyani.

Sedangkan Kepala Bappenas sebelumnya Sofyan Djalil digeser sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Menteri Perdagangan Thomas Lembong bergeser posisi menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Lembong digantikan politikus Nasdem Enggartiasto Lukita. (ase)

Saleh Husin

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi

Tugas besar tim ekonomi baru adalah mengurangi impor untuk produksi.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016