Mantan TKI Akan Berpidato di Konvensi Partai Demokrat AS

Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Ia membatalkan rencana kampanye di California karena terkena paru-paru basah.
Sumber :
  • REUTERS/Scott Audette

VIVA.co.id – Imamatul Maisaroh (36) warga Dusun Krajan, Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang ini akan berpidato di konvensi nasional Partai Demokrat, di Stadion Wells Fargo, Philadelphia, Pensylvania, Amerika Serikat, Selasa, 26 Juli 2016, waktu AS.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) itu, akan bercerita pengalamanya sebagai korban perbudakan manusia di hadapan calon Presiden AS Hillary Clinton dan beberapa orang penting di AS. 

"Saya ke Amerika tahun 1997. Awalnya, saya ditawari majikan saya yang ada di Malang. Katanya, saudara sepupunya butuh pembantu, kemudian saya ditawari. Saya senang sekali, karena gajinya US$150 per bulan," ujar Ima, saat dihubungi melalui Facebook, Senin 25 Juli 2016.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Namun, nasib naas harus diterima Ima sesampainya di Amerika. Sejak dijemput di bandara, paspor Ima ditahan oleh majikan yang ada di AS. "Kerja di sana, dua tahun tidak dibayar. Kerjanya 12 jam, salah dikit langsung dipukul," ujar ayah Ima, Turiyo.

Ima merupakan anak pertama dari pasangan Turiyo dan Alimah. Ima memilih bekerja di luar negeri, karena menikah di usia dini, saat Ima masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Khaerudin, Gondanglegi, Kabupaten Malang. 

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Kedua orangtuanya mengaku tidak mengetahui pasti pekerjaan Ima di Amerika. Selama berkomunikasi melalui sambungan telepon, Ima bercerita kepada orangtuanya bekerja di sebuah kantor di AS. "Ima sering telepon, terakhir telepon sebelum Lebaran. Bilangnya kerja kantoran, tetapi dibagian apa, saya tidak dikasih tahu," kata Turiyo.

Sementara, Haris Suzana, adik ketiga Ima menjelaskan, setiap kali menelepon, Ima tidak pernah bercerita soal pekerjaan. Menanyakan kabar keluarga adalah yang paling pertama diutarakan oleh Ima setiap keli menelpon. "Sejak saya kecil, masih SD, kakak sudah ke Amerika. Dia paling rajin tanya keluarga dan sering kirim uang untuk keluarga di sini (Malang)," ujar Haris.

Dua tahun, jadi korban perbudakan, Ima akhirnya berhasil kabur, berkat bantuan asisten rumah tangga tetangganya di AS. Ima akhirnya dibawa ke penampungan gelandangan dan tinggal selama tiga bulan di sana. Perempuan yang dikenal cerdas ini, lantas dicarikan tempat tinggal dan disekolahkan hingga dicarikan pekerjaan oleh orang yang membantunya.

Berdasarkan informasi dari indonesianlantern.com, pada 2012, Ima menjadi koordinator Coalition to Abolish Slavery and Trafficking (CAST), sebuah organisasi nirlaba anti perbudakan. Selain itu, Ima juga diangkat menjadi salah satu penasihat Presiden Barack Obama di bidang perdagangan manusia.

Bersama belasan senator dan pembicara bergengsi lainnya, Ima tampil di panggung utama Stadion Wells Fargo, pada Selasa 26 Juli 2006. ‘’Surat undangan resmi yang dikirim Komite Nasional Partai Demokrat, baru saja saya terima Sabtu sore,’’ kata Ima dengan nada gembira. 

Di ajang itulah, Partai Demokrat AS secara resmi akan memilih Hillary Rodham Clinton sebagai kandidat utama dan Senator Tim Kaine sebagai wakil presiden, dalam Pemilihan Presiden AS November 2016 nanti. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya