Tanggapan Menko Luhut Soal Isu Reshuffle

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz/16

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan enggan berkomentar banyak perihal kabar perombakan Kabinet Kerja yang dipimpin Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Kabarnya, perombakan kabinet akan dilakukan pekan ini. 

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

"Itu kan hak prerogatif Presiden, kalau Presiden mau umumkan lusa atau kapan, itu kan hak beliau. Kenapa harus kita campuri. Dan beliau tidak pernah bicara 'saya mau reshuffle kapan'," kata Luhut saat menjadi narasumber pada kuliah umum di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Senin, 25 Juli 2016.

Jawaban Luhut tak membuat awak media putus asa. Mereka berusaha mendapat jawaban pasti soal isu terkait reshuffle yang sedang ramai diperbincangkan. 

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

Ia beralasan tak bisa memberikan keterangan lebih banyak karena harus bergegas kembali ke Jakarta. Hal itu berkaitan dengan imbauan Presiden Jokowi yang meminta para menteri untuk tetap tinggal di Jakarta tanggal 25-29 Juli 2016. "Ini kan saya mau pulang sekarang," kata Luhut.

Imbauan tersebut beredar melalui aplikasi pesan WhatsApp dan mengatasnamakan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dalam pesan tersebut, Pratikno menyampaikan agar para menteri tidak meninggalkan Jakarta karena ada rapat yang wajib dihadiri.

Sah! Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR Usai Dilantik Jokowi

Namun, menurut Luhut rapat tersebut membuat banyak pihak salah arti. Luhut mengungkapkan hal ini juga yang menyebabkan banyak pihak menganggap imbauan tersebut sebagai sinyal akan diadakannya reshuffle kabinet.


 

Anggota DPR sekaligus Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Presiden Jokowi lantik Ketum Partai Demokrat AHY jadi Menteri ATR/BPN.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024