TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Lima Fakta di Balik Kematian Santoso

Ia tewas dalam baku tembak dengan tim satuan tugas Operasi Tinombala.
Lima Fakta di Balik Kematian Santoso
Foto jasad yang diduga kuat pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso (istimewa)

3. Lari telanjang
Kontak tembak petugas dan kelompok Santoso terjadi saat, Santoso dan istrinya, serta tiga lainnya sedang beristirahat untuk mandi dan membersihkan diri di sungai. Saat itu, usai Santoso tertembak, Jumiatun, alias Umi Delima merebut senjata Santoso dan melontarkan tembakan membabi buta ke petugas.

"Istri Santoso itu melarikan diri sambil menembaki aparat dengan kondisi telanjang," kata Wakil Komandan Pelaksana Operasi Tinombala, Brigadir Jenderal TNI Ilyas Alamsyah, Selasa 19 Juli 2016.

4. Diiikat tali kambing
Jumiatun, alias Umi Delima, istri Santoso dilaporkan berlari terpisah dari Basri dan istrinya usai penggerebekan pada Senin 18 Juli 2016. Selama lima hari, Umi Delima berlari dan bersembunyi di hutan. Sebelum akhirnya ditemukan warga pada Sabtu 23 Juli 2016.

Umi Delima, istri Santoso dalam kondisi terikat tali saat diamankan tim Satgas Operasi Tinombala di kawasan hutan Poso, Sabtu (23/7/2016).

Saat ditemukan, Umi Delima dalam kondisi kelelahan dan kelaparan. Ia pun dibantu petani yang menemukan dengan diberi makanan sebelum akhirnya diserahkan ke Posko Satgas Tinombala. "Karena ia tidak membawa senjata, petani akhirnya mengikat tangan Jumiatun (Umi Delima) dengan tali dan membawanya ke Posko Satgas Tinombala," kata Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Rudy Sufahriadi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP